VISITIZEN | Jembatan Layang Baleendah – Bojongsoang

Editor H. Jaenudin Jen./visi.news/ist
Silahkan bagikan

Oleh H Jaenudin

KABUPATEN Bandung merupakan salah satu daerah yang memiliki kawasan wisata yang cukup banyak, terutama di kawasan selatan, baik daerah Pangalengan, Ciwidey, Majalaya, Kertasari (Cisanti) dan daerah lainnya. Selain daerah wisata, Kabupaten Bandung juga memiliki kawasan industri yang tersebar di hampir semua kecamatan, antara lain Dayeuhkolot, Banjaran, Majalaya, Rancaekek, Cikancung dan lainnya.

Kabupaten Bandung juga, dulu disebut sebagai lumbung padi, seiring dengan dinamika perkembangan situasi dan bertambahnya jumlah penduduk di wilayah Kabupaten Bandung, kawasan pertanian saat ini mulai menyusut karena sebagian kawasan pertanian digunakan untuk pembangunan perumahan. Salah satunya adalah lahan pesawahan produktif, di kawasan Ciganitri dan Cikoneng. Saat ini sudah berdiri bangunan perumahan yang tentunya mau tidak mau berdampak berdampak terhadap lingkungan. Salah satunya banjir dan kemacetan arus lalu lintas.

Jalan simpang Siliwangi – Bojongsoang sering tergenang air, sekalipun tidak ada hujan. /visi.news/h jaenudin

Hal ini tidak dapat dipungkiri sebagai dampak dari banyaknya perumaham di kawasan selatan Kota Bandung, walaupun daerah Bandung Selatan, khususnya di wilayah Kecamatan Baleendah, sebagian Kecamatan Bojongsoang dan Dayeuhkolot, jika musim hujan tiba, apalagi hujannya terus menerus, dan Sungai Citarum meluap, maka sering terjadinya banjir di beberapa kawasan tersebut. Ditambah saat ini, kerap terjadi banjir Cileuncang di beberapa ruas jalan, dan pemandangan ini seolah sudah jadi pemandangan biasa, kadang luput dari perhatian pemerintah, akhirnya, jalan menjadi rusak.

Maka dengan ada kerusakan jalan akhirnya mengganggu arus lalu lintas dan terjadilah kemacetan. Hasil pengamatan penulis, mulai masuk wilayah Kabupaten Bandung, khususnya dari jalan ke arah selatan menuju Majalaya dan Banjaran, terdapat beberapa bangunan yang berdiri antara lain Trans Mart Buah Batu/ Bojongsoang, Yogya Super Market, Perumahan Cigantri, Perumahan Podomoro, Pesona Bali, GBA, Borma Super Market, kemudian sampai ke arah Baleendah, juga terdapat perumahan baru, yang asalnya tanah pertanian, termasuk perbukitan, bahkan sebagian lahan pertanian di kawasan Jelekong, sampai wilayah Ciparay, dan daerah lainnya, sudah dikuasai oleh para pengembang perumahan.

Baca Juga :  Jangan Pernah Ada Flare Lagi!

Publik dengan bedasnya Kabupaten Bandung berharap adanya solusi terbaik bagi masyarakat luas, untuk mengurangi kemacetan arus lalu lintas, akibat banjir Cileuncang, atau meluapkan Sungai Citarum, hingga sebagian wilayah di Kabupaten Bandung, kebanjiran. Akibatnya, sebagian ruas jalan dari arah Majalaya-Banjaran ke arah Kota Bandung, seperti Jalan Siliwangi, Jalan Terusan Bojongsoang, terjadi kemacetan yang luar biasa, maka kiranya Pemkab Bandung membuat solusi alternatif, yaitu dibuatkan jalan layang atau playover dari Baleendah ke arah Jl.Bojongsoang.

  • Penulis, warga masyarakat Baleendah Kabupaten Bandung

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

384 Anak Terpilih Terima Beasiswa Ceria FIFGROUP 2022

Jum Jan 6 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan aneka kegiatan sosial, salah satunya di sektor pendidikan. Bersinergi dengan Ikatan Karyawan FIFGROUP (IKAFIF) dan Koperasi FIF 2000 dalam salah satu pilarnya, yaitu […]