Walhi Desak Pemprov Jabar Segera Atasi Masalah di TPA Sarimukti

Editor Antrian truk sampah di TPA Sarimukti yang tertahan akibat ketiadaan BBM untuk operasional loader di TPA tersebut. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Menyikapi persoalan mogoknya operasional TPA Sarimukti yang diakibatkan karena tidak adanya bahan bakar guna operasional alat berat, di khawatirkan akan terjadi penumpukan sampah dan membuat Bandung menjadi lautan sampah.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat (Jabar) Meiki, menurutnya peristiwa ini merupakan potret baru yang terjadi di TPA Sarimukti, selain itu, Walhi mempertanyakan terkait dengan anggaran yang selama ini dipergunakan untuk operasional secara keseluruhan di TPA Sarimukti.

“Bagaimana bisa operasional TPA Sarimukti tersebut terhambat bahkan terhenti hanya gara – gara alat berat kehabisan bahan bakar, ini sangat tidak masuk akal,” katanya.

Kepada VISI.NEWS Minggu (7/11/21), Meiki mengungkapkan, jika fasilitas penunjang di TPA Sarimukti terhambat terlalu lama, maka Bandung dengan sendirinya akan berubah menjadi lautan sampah, dan potensi tersebut mungkin saja bisa terjadi ketika truk pengangkut sampah tertahan di Sarimukti hanya untuk menunggu giliran.

“Kota Bandung sangat mengandalkan TPA Sarimukti untuk membuang sampah kurang lebih 1.300 ton per hari, sebelum pembangunan TPA Legok Nangka selesai dibangun dan dipergunakan tahun 2023 nanti,” ungkapnya.

Terakhir, Walhi Jabar mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar segera melakukan langkah kongkrit guna mengatasi persoalan yang terjadi di TPA Sarimukti, pasalnya persoalan penumpukan sampah tersebut juga akan berdampak pada lingkungan yang tidak sehat.

“Selain menimbulkan pemandangan kurang bagus, air rembesan sampah dari truk yang diguyur hujan menyebabkan jalanan menjadi becek serta mengeluarkan bau tidak sedap, dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan nantinya,” pungksnya.@eko

Baca Juga :  Resepsi Pernikahan Dibubarkan Satpol PP Karena Langgar PPKM

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Akibat Rem Blong, Truk Batu Bara Seruduk Rombongan Pengantar Perkawinan

Sen Nov 8 , 2021
Silahkan bagikan Kecelakaan laka lantas itu menewaskan 4 orang meninggal dunia di tempat, satu orang kritis dan sejumlah korban lainnya mengalami luka, langsung di bawa ke RS AMC Cileunyi   VISI.NEWS | SUMEDANG – Kecelakaan Lalulintas (laka lantas) kembali terjadi dan merenggut korban jiwa. Kali ini tabrakan beruntun di Tikungan […]