WISATA RELIGI: Istiqlal, Masjid Nasional Republik Indonesia

Editor Ilustrasi Masjid Istiqlal./dok./net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Jalan-jalan ke Ibu Kota Jakarta, tentu tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid Nasional negara Republik Indonesian ini berlokasi di dekat Monumen Nasional di pusat kota.

Tahukah Anda, masjid yang diprakarsai Presiden Sukarno, yang sedang menjabat kala itu, ternyata didesain oleh seorang arsitek beragama Kristen Protestan bernama Frederich Silaban? Dengan peletakan batu pertama pada tanggal 24 Agustus 1951, masjid ini didesain dengan gaya arsitektur modern.

Lantai dan dindingnya dilapisi dengan marmer yang dihias dengan ornamen geometrik yang terbuat dari baja antikarat. Memiliki bangunan utama yang terdiri dari lima lantai, serta sebuah raksasa dengan diameter 45 meter sebagai mahkotanya. Kubah ini ditopang menggunakan 12 tiang besar.

Terdapat satu lantai dasar pada masjid ini serta menara tunggal yang menjulang di sudut selatan selasar masjid dengan tinggi total 96,66 meter. Seebanyak 200.000 jemaah mampu ditampung masjid ini.

Itu sebabnya berbagai aktivitas sosial dan kegiatan berbagai organisasi Islam di Indonesia dilakukan di masjid ini. @fen/sumber: bp-guide.id

Baca Juga :  28 Karyawan Toserba Kota Banjar yang Sempat Dirawat Diduga Terpapar Corona Sudah Pulang

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perlu Penyadaran Risiko Bencana Longsor Ancam Permukiman Desa Berjo

Ming Jun 20 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, hanyalah desa kecil di lereng sisi barat Gunung Lawu. Namun di desa berhawa dingin di bawah kawasan hutan pinus itu, mendapat anugerah Tuhan kekayaan sumber air yang melimpah di antaranya berupa air terjun dan telaga. Air Terjun “Jumog” dan Telaga Madirda yang berair […]