Yena: Sektor Pertanian Dapat Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

Editor Calon Bupati Bandung, Hj.Yena Iskandar Ma'soem./visi.news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Calon Bupati Bandung Hj. Yena Iskandar Ma’soem menyatakan, sektor industri pertanian menjadi skala prioritas utama dalam menggerakkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bandung ke depan.

Hal itu ia ungkapkan setelah mempelajari negara-negara maju di dunia, sektor pertanian menjadi pusat pengembangan ekonomi masyarakatnya.

“Di banyak negara maju, sektor pertanian menjadi prioritas dan fokus perhatian dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Saya perhatikan di negara maju itu, sektor pertanian hampir menguasai sektor industri dunia,” kata Yena dalam keterangan tertulis yang diterima VISI.NEWS, Rabu (25/11/2020).

Yena memandang bahwa Kabupaten Bandung dengan sebagian luas wilayahnya adalah kawasan pertanian, maka sektor pertanian harus menjadi perhatian bersama.

“Kabupaten Bandung berada di daerah yang di lingkung banyak gunung dan perbukitan dengan tanah yang subur sehingga dapat ditanami oleh bermacam jenis tumbuhan yang punya nilai ekonomi tinggi,” tutur Yena.

Untuk menunjang produksi pertanian di Kabupaten Bandung, imbuh Yena, pihaknya akan memberikan pendidikan dan latihan kepada setiap kelompok tani dalam proses pembuatan pupuk organik.

“Pupuk organik atau kompos ini sendiri bisa digunakan untuk pemupukan pada lahan yang subur tanpa dirusak oleh pupuk anorganik (pupuk buatan yang mengandung kimia),” ujarnya.

Ia mengaku sempat menerima keluhan dari para petani karena kesulitan mendapatkan bibit dan pupuk untuk kelangsungan para petani lokal. Yena mendapatkan keluhan dari para petani itu setelah blusukan ke sejumlah desa di kawasan pertanian di Kabupaten Bandung.

“Apa yang menjadi hambatan para petani untuk memperoleh bibit dan pupuk harus menjadi tanggung jawab bupati bersama aparat terkait,” ucapnya.

Untuk menunjang ekonomi para petani, Yena mengatakan, mereka harus mendapatkan perhatian dan bantuan dalam pemasaran hasil pertanian.

Baca Juga :  Dari Data Google, Industri Siber Bisa Dorong Lompatan Ekonomi Indonesia

“Untuk membantu para petani dalam pemasaran hasil pertanian itu, di antaranya dengan membangun pergudangan untuk menampung hasil pertanian. Dengan cara itu, para petani akan mendapat nilai jual yang stabil,” tuturnya.

Ia juga berusaha untuk meningkatkan daya tanam dilahan pertanian yang sudah ada. Di samping itu untuk menjadikan lahan tidur yang banyak tersebar di Kabupate Bandung sebagai lahan pertanian baru.

“Dengan cara itu dapat meningkatkan produksi pertanian. Saya rasa untuk menciptakan sejuta petani baru bukanlah hal yang susah dicapai,” ujarnya. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bintek Menjelang Pilkada Bisa Meningkatkan Profesionalisme Satpol PP

Kam Nov 26 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS — Melalui Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Anggota Satpol PP tentang Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah Kabupaten Bandung, dikatakan Kasatpol PP, Ir. H. Kawaludin, diharapkan bisa meningkatkan profesionalisme anggota dalam menjalankan tugasnya nanti dilapangan. Kawaludin menambahkan, Satpol PP harus bisa membaca dan melihat situasi dan bertindak cepat tanggap […]