10 Bus Pertama Jemaah Haji Indonesia Dilepas dari Madinah menuju Makkah

Editor Keberangkatan jemaah haji JKG-01 dari Madinah menuju Makkah. /visi.news/kemenag
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MADINAH – Tepat pukul 06.00 Waktu Arab Saudi (WAS), jemaah haji asal Embarkasi Jakarta-Pondok Gede kloter pertama (JKG-01) dilepas keberangkatannya menuju Makkah Al-Mukarramah oleh Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Ali Machzumi. Mereka akan singgah terlebih dahulu di Masjid Bir Ali atau Dzulhulaifah selama kurang lebih 30 menit untuk mengambil miqat (niat umrah wajib).

“Total ada 10 bus pertama yang berangkat tadi, terdiri dari jemaah haji JKG-01. Alhamdulillah proses pendorongan jemaah ke dalam bus berjalan lancar,” ujar Ali pada Senin (20/5/2024).

Adapun jumlah jemaah JKG-01 yang diberangkatkan dari sektor 2 Madinah berjumlah 392 orang. “Ada 1 orang yang masih dirawat di KKHI Madinah. Menunggu pulih dulu, insya Allah nanti akan diberangkatkan ke Makkah untuk bergabung bersama jemaah lainnya,” kata Ali.

Sejak usai salat subuh, jemaah sudah memasuki bus dalam keadaan berihram. Mereka menerima konsumsi berupa menu selamat jalan yang dibagikan di dalam bus sebelum keberangkatan.

Setibanya di Masjid Bir Ali, jemaah disambut petugas sektor khusus yang akan mengarahkan mereka turun dan masuk masjid untuk melakukan salat. Khusus jemaah lansia dan jemaah sakit, diimbau tidak turun dan melakukan salat sunah serta berniat umrah di dalam bus.

Hari ini sekitar 3.400 jemaah haji Indonesia akan bertolak dari Madinah menuju Makkah. Mereka tergabung dalam delapan kloter, yaitu JKG-01, JKG-02, JKS-01, JKS-02, BTH-01, PLM-01, SUB-01, dan UPG-01. Jadwal keberangkatan dibagi menjadi tiga slot time, yaitu pagi hari pukul 06.00 WAS sebanyak 1 kloter, siang hari pukul 14.00 WAS sebanyak 5 kloter, dan sore hari pukul 17.00 WAS sebanyak 2 kloter.

@uli

 

Baca Juga :  Skuad Garuda Nusantara Nikmati TC di Turki

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Persib Masih Dua Pertandingan Lagi, Tahan Selebrasi Berlebihan

Sen Mei 20 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG -Gelandang Persib, Marc Klok mengingatkan semua pihak untuk menahan diri dengan tidak melakukan selebrasi menyambut kemenangan secara berlebihan. Sebab, Persib masih punya dua pertandingan final yang harus diperjuangkan untuk mengamankan trofi juara. Persib melaju ke final usai menyingkirkan Bali United dengan agregat 4-1 di babak semifinal. […]