4 Cara Efektif Menghemat Paket Data Internet

Editor Ilustrasi smartphone./freestock/unsplash/via okezone/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Paket data internet menjadi bagian penting ketika masa pandemi virus corona (Cvid-19 ) ini .

Pasalnya, segala aktivitas banyak dilakukan dari rumah dan layanan jaringan internet melalui smartphone menjadi andalan.

Tentu sa, bagi para pengguna harus memastikan paket data internet tersebut tidak habis di tengah pemakaian. Maka itu, harus secermat mungkin melakukan penghematan .

Berikut ini cara menghemat paket data internet smartphone seperti dilansir Okezone.

1. Batasi streaming

Aplikasi streaming kini sangat berlimpah . Dengan menggunakan smartphone, Anda dapat mengakses situs streaming YouTube, Spotify, Vie, atau video lainnya. Padahal dengan menggunakan ini, kuota internet akan cepat habis. Selain itu, aplikasi streaming akses yang berlebihan juga akan menguras daya baterai.

2. Gunakan bluetooth

Saat ini Anda selalu menggunakan aplikasi perpesanan untuk menyederhanakan proses transfer file atau data . Padahal, jelas ini membutuhkan kuota internet . Jadi, panggunaan bluetooth mampu menghemat kuota secara lebih lagi.

3. Terapkan batas data

Cara termudah menghemat kuota data paket internet adalah mengatur aplikasi atau sistem Android smartphone itu sendiri . Data latar belakang adalah pemborosan data internet yang terjadi saat tidak menggunakannya . Contohnya adalah sinkronisasi email, perbarui feed, widget cuaca , dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda dapat mengatur di menu Pengaturan , lalu pilih Penggunaan Data , lalu pilih Batasi Data Latar Belakang.

4. Mainkan game offline

Seperti diketahui, beberapa game memerlukan akses internet untuk dimainkan dan ini sangat menyita kuota internet. Cara paling ampuh yakni menggunakan game yang tidak memerlukan akses internet selama pemutaran, cukup unduh kuota data apa pun.

Begitu juga dengan aplikasi, banyak aplikasi menarik yang mampu digunakan secara offline . Aplikasi seperti Instagram, Facebook, YouTube tentunya akan menyita kuota data lebih cepat. @fen

Baca Juga :  Arus Balik Libur Panjang, Tol Cipali Padat Merayap

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Asep Warlan: Penghapusan Pasal di UU Ciptaker Bukti Cacat Prosedur

Jum Okt 23 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pakar hukum tata negara Universitas Parahyangan, Asep Warlan menilai penghapusan 1 pasal dalam Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja usai disahkan sidang paripurna DPR adalah bukti kecacatan prosedur. Seharusnya UU yang sudah disahkan DPR tidak lagi ada penghapusan pasal maupun ayat oleh Kementerian Sekretariat Negara. “Cacat prosedur dan […]