Persiapan Liburan tengah Berlangsung: Berbagai Keseruan Menanti Anda di Filipina

Editor Bandara Internasional Clark di Pampanga. /visi.news/prnewswire
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ketika dunia menunggu perjalanan internasional dibuka kembali, Filipina mempersiapkan sambutan hangat bagi wisatawan. Kementerian Pariwisata Filipina (DOT) terus mengembangkan berbagai destinasi bagi wisatawan lokal dan internasional. Pada September ini, DOT meluncurkan program promosi “More Fun Awaits” yang memperkenalkan berbagai produk dan paket wisata baru. Setiap produk dan paket wisata ini menawarkan pengalaman unik.

Filipina siap menyambut dunia dengan berbagai atraksi baru dan objek wisata lain ketika perjalanan internasional telah dibuka kembali. Menteri Pariwisata Filipina Bernadette Romulo-Puyat, berkata “Berbagai hal yang dipersiapkan bagi wisatawan termasuk rute-rute wisata terbaru dengan aktivitas seru, destinasi, dan atraksi wisata di wilayah kami. Para pekerja industri pariwisata juga telah mengikuti pelatihan tentang peningkatan protokol kesehatan dan kebersihan. Sementara, objek-objek wisata pun telah menerapkan protokol-protokol terkait di lokasi untuk melindungi para tamu dan tenaga kerja mereka.”

Pada minggu pertama September, 51% pekerja pariwisata di seluruh Filipina telah divaksinasi. Di ibu kota negara Metro Manila, 99% pekerja pariwisata yang bekerja di berbagai hotel dan fasilitas akomodasi yang terakreditasi DOT, serta 94% pekerja pariwisata yang bekerja di berbagai restoran terakreditasi, telah divaksinasi anti-Covid 19.

Sebuah bandara kelas dunia siap menyambut wisatawan

Terminal baru Bandara Internasional Clark telah diresmikan di Pampanga. Kemegahan arsitektur modern khas Filipina ini, terinspirasi dari lereng Gunung Arayat dan lentera Natal tradisional Filipina, akan menawarkan berbagai layanan perjalanan udara yang cepat, aman, dan efisien, seperti self-check-in dan penyerahan bagasi dengan metode nirkontak, sistem garbarata canggih, bahkan layanan pemesanan makanan secara nirkontak sebelum penerbangan. Sebagai “gerbang menuju kawasan Utara”, bandara ini akan ikut menggerakkan pemulihan pariwisata dengan memperluas konektivitas ke beragam destinasi lokal.

DOT juga berhasil meraih “SafeTravels Stamp” dari World Travel and Tourism Council (WTTC) atas penerapan “protokol kesehatan dan kebersihan yang terstandardisasi dan bertaraf dunia” demi menjamin keamanan perjalanan wisata pada masa pandemi Covid-19. “SafeTravels Stamp” merupakan pengakuan dari sebuah organisasi internasional atas standar kesehatan global yang mendukung keamanan perjalanan wisata.

Berbagai perusahaan yang memenuhi persyaratan, seperti hotel, maskapai penerbangan, transportasi, dan bandara akan menampilkan logo “SafeTravels Stamp” sebagai jaminan bahwa mereka mematuhi protokol kesehatan dan kebersihan yang telah ditentukan WTTC, sebuah organisasi internasional yang menaungi para pemimpin industri perjalanan dan pariwisata global.

Untuk itu, DOT semakin giat melakukan akreditasi atas berbagai fasilitas wisata, serta selalu menjalankan inspeksi dan evaluasi. DOT hanya memberikan izin kepada fasilitas-fasilitas terakreditasi untuk membuka usaha dan menerima tamu setelah berbagai protokol kesehatan, keselamatan, serta kebersihan global yang terstandardisasi dipatuhi.

Pemerintah Filipina melalui Inter-Agency Task Force for the Management of Emerging Infectious Diseases (IATF) terus memperbarui protokol tersebut demi melindungi keselamatan warga Filipina dan warga asing yang ingin menempuh perjalanan di negara tersebut.

Baca Juga :  Kronologi Tewasnya Satu Keluarga karena Jebakan Tikus di Sawah

Berbagai petualangan seru dan menarik

Meski perjalanan internasional ke Filipina masih dibatasi, perjalanan domestik telah diizinkan sejak Semester II-2020. Dengan berbagai jenis petualangan yang tersedia dan pelatihan intensif yang telah diikuti para pelaku industri perhotelan, Filipina siap menawarkan pengalaman yang aman dan menyenangkan bagi wisatawan. Para wisatawan dapat menjalani beragam kegiatan seru di kawasan Utara hingga Selatan, bahkan wilayah-wilayah tersebut kini lebih mudah dijangkau berkat infrastruktur baru dan lebih baik, seperti bandara regional dan jalan raya yang menghubungkan pulau-pulau indah dan pengalaman seru.

Filipina memiliki beragam destinasi yang menawarkan rangkaian aktivitas unik dan jalur wisata. Pantai-pantai indah menawarkan surga di bawah laut, dipenuhi warna-warni kehidupan laut yang menawan. Di darat, kawasan pegunungan mengundang kalangan penjelajah yang ingin menelusuri hutan-hutan rimbun dan jalur-jalur menuju air terjun serta lereng memukau. Semuanya dapat dinikmati dengan berbagai hidangan khas dari juru masak rumahan dan profesional yang kelak menyapa Anda dengan sapaan khas Filipina, “Apakah Anda sudah makan?”

Anda dapat memenuhi daftar liburan impian dengan sejumlah destinasi berikut yang menawarkan keindahan surga tropis:

Sensasi keseruan: Central Visayas adalah lokasi ideal bagi para petualang berkat perpaduan gunung dan pantai. Di sini, Anda dapat menyusuri jalur-jalur di Osmena Peak dan menikmati pemandangan indah, serta berendam di Kawasan Falls. Pemandangan Chocolate Hills yang terkenal di dunia dapat dinikmati di sebuah anjungan di Carmen, Bohol, atau dengan menaiki “surf zipline” di Chocolate Hills Adventure Park yang menyajikan pemandangan dari udara, tepatnya dari ketinggian 230 kaki.

Kegiatan seru juga dapat dilakukan dengan sepeda motor di MoTOURismo Pilgrimage Caravan. Kawasan ini dikembangkan untuk penggemar sepeda motor yang ingin menelusuri alam terbuka di wilayah ini. Mereka dapat berkendara menyusuri rute-rute indah yang melintasi Nueva Vizcaya, Quirino, Isabela dan Cagayan, serta berakhir di Pagudpud Aquaduct, Ilocos Norte. Di Davao, Anda bahkan bisa mengendarai sepeda sambil bergantungan di udara atau mencoba sky swing di Eden Nature Park and Mountain Resort.

Berjemur di berbagai pantai: Anda dapat menuju berbagai pantai di kepulauan Calaguas di Camarines Norte yang memiliki bentangan pasir putih, air jernih, dan sumber daya alam yang masih perawan. Lingkungan pantai yang bersih ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat berkesan dan kesenyapan malam di bawah bintang-bintang.

Berbagai petualangan masih tersedia di pulau-pulau lain. Anda dapat menjelajahi Mercedes Group of Islands yang dihuni kura-kura air dan menyuguhkan ketenteraman yang jauh dari kesibukan kota. Caramoan Island adalah pulau unggulan di wilayah ini, memiliki hutan batu kapur seluas 4.000 hektar sebagai habitat beragam flora dan fauna, serta pantai-pantai berpasir, danau yang tenteram, gua-gua indah, teluk kecil, dan kehidupan laut yang menjadikannya lokasi menyelam ideal bagi penggemar.

Baca Juga :  Menpora: Liga 1 2021 Diizinkan Kick Off 27 Agustus

Boracay, salah satu pantai terbaik di dunia, segera siap dikunjungi kembali wisatawan. Pantai-pantainya telah diremajakan demi melestarikan keindahan alam yang menyajikan pantai-pantai berpasir dan air laut jernih berwarna biru.

Palawan, dikenal sebagai Batas Ekologi Terakhir, memiliki teluk kecil dan gua. Para wisatawan dapat bertualang dan menikmati keindahan bawah laut di Tubbataha Reef, lokasi Warisan Dunia UNESCO, serta habitat lebih dari 600 spesies ikan, beberapa spesies hiu, ikan paus, dan lumba-lumba; serta, Coron Bay menjadi lokasi rongsokan kapal karam dari masa Perang Dunia 2. Masih banyak pantai yang dapat disusuri wisatawan, mulai bertualang di pulau El Nido dan Coron yang menawan, serta menempuh perjalanan dengan kapal ke Puerto Princesa Underground River yang telah terpilih sebagai salah satu Tujuh Keajaiban Dunia yang baru.

Untuk atraksi air lainnya, wisatawan dapat berkunjung ke Surigao del Sur yang memiliki banyak objek wisata, seperti Tinuy-an Falls, air terjun bertingkat di Bislig City, hingga Hinatuan Enchanted River Underwater Cave Systems. Siargao Island juga dikenal dengan kehidupan pesisir yang indah dan ombak yang menarik minat peselancar dari seluruh dunia.

Provinsi Batangas pun menjadi surga bagi penggemar pantai. Perairan biru di kota-kota kecil Nasugbu, Calatagan, dan San Juan bisa ditempuh dari Manila.

Wisata Kuliner: Filipina menjadi lokasi beragam kuliner yang telah menjadi warisan berbagai generasi juru masak rumahan. Juru masak ini memakai bahan-bahan pangan yang dipanen di wilayahnya. Berbagai restoran juga menyajikan hidangan lokal hingga gourmands. Hal ini sejalan dengan langkah industri makanan dan minuman di Filipina yang terus menyuguhkan kuliner kelas dunia dengan produk-produk lokal.

Karena Filipina dikelilingi wilayah perairan, makanan laut segar selalu tersedia, sedangkan, peternakan di pelosok negara ini menyediakan banyak buah tropis sepanjang tahun. Tur wisata alam dan pertanian juga dapat dinikmati wisatawan. Mereka bisa mempelajari budi daya pangan, dari lokasi hutan bakau hingga komunitas nelayan di pulau-pulau sekitar, serta lahan pertanian yang membudidayakan bahan-bahan pangan lokal sesuai dengan iklim Filipina.

Wisatawan tak perlu bepergian hingga ke pelosok untuk mencicipi kuliner khas Filipina. Manila menawarkan kelezatan kuliner khas perkotaan, dan banyak hidangan regional yang disuguhkan oleh juru masak setempat di banyak restoran pilihan. Penggemar kuliner yang ingin merasakan kuliner autentik Filipina dapat bersantap di Bohol, termasuk berkunjung ke peternakan madu, kebun stroberi, rumah jamur, dan makan siang dengan hidangan prasmanan terapung di perahu yang terletak di Loboc River. Di sungai ini, wisatawan dapat bersantap dengan tangan, seperti gaya makan khas Filipina.

Baca Juga :  Yayasan HIVOS dan Empat Koalisi Ajak Aksi Perubahan Iklim Berkeadilan untuk Indonesia

Dekat dengan alam: Wistawan dapat menikmati keindahan alam sekitar, serta flora dan fauna endemik Filipina yang menghuni berbagai lokasi seperti Turtle Project di La Union, Barubaybay Mangrove Eco, dan Konservasi Laut di Northern Samar, serta tur Mengamati Burung di Ilocos Norte. Berkat cuaca pegunungan yang sejuk, Baguio mengundang para wisatawan untuk menjelajahi taman-taman publik atau memetik stroberi di dekat La Trinidad.

Mempelajari sejarah dan kebudayaan: Filipina adalah negara yang kaya akan sejarah dan tradisi. Berbagai destinasi wisata di negara ini dapat mendekatkan wisatawan dengan tradisi tersebut. Cebu City, kota tertua di Filipina, memiliki beberapa peninggalan bersejarah, termasuk patung Sto yang telah berusia 500 tahun. Patung yang dijuluki Nino de Cebu ini diserahkan penjelajah pertama Spanyol pimpinan Ferdinand Magellan asal Portugal sebagai hadiah untuk istri seorang raja yang telah dibaptis.

Di kawasan Utara, Baguio menawarkan kerarifan lokal di pegunungan Cordilleras, tepatnya di objek-objek wisata seperti Tam-Awan Village yang memiliki sejumlah pertunjukan budaya yang mengangkat kekayaan tradisi dan sistem kepercayaan setempat.

Masih banyak jalur-jalur wisata yang dapat ditelusuri menuju pemandangan memukau. Banaue Rice Terraces di Ifugao yang telah terdaftar di UNESCO, dan lokasi wisata alam Sagada turut menawarkan interaksi dengan warga-warga lokal lewat keseharian mereka yang masih berakar pada tradisi ratusan tahun lalu. Puncak Gunung Pulag dan Gunung Ulap di kawasan Utara di Luzon menawarkan lokasi perkemahan bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit di antara lautan awan.

Vigan juga menjadi salah satu kota mengagumkan berkat rumah-rumah bersejarah yang terletak di jalanan berbatu. Area ini dapat dinikmati sambil menaiki kereta kuda. Di Vigan, wisatawan dapat menemukan sejumlah kerajinan tradisional, seperti selimut rajutan, ukiran, dan kerajinan tanah liat yang bisa dibeli sebagai suvenir.

Untuk rute wisata lainnya, wisatawan dapat menyusuri jalur perdagangan gula yang melintasi Negros, Iloilo, Capiz, dan Antique. Wilayah di Western Visayas ini memiliki banyak lokasi bersejarah yang mengangkat pengaruh-pengaruh di era Spanyol seperti gereja-gereja tua, kuliner warisan sejarah, dan rumah-rumah tua yang membawa wisatawan ke masa lalu.

Siap menyambut dunia

Menunggu perjalanan internasional dibuka kembali, Anda dapat mempelajari upaya Kementerian Pariwisata Filipina (DOT) yang tengah melakukan berbagai inisiatif dan persiapan melalui program promosi #MoreFunAwaits.

Filipina menawarkan banyak hal, didukung berbagai destinasi kelas dunia yang gembira menyambut wisatawan saat perjalanan internasional telah dibuka kembali.

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bertolak ke Purworejo, SBY Hadiri Pemakaman Ibu Mertua

Sel Sep 21 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Komunikasi DPP Partai Demokrat membenarkan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan keluarga besarnya, akan menghadiri prosesi pemakaman sang nenek, Hj. Sunarti Sri Hadiyah Sarwo Edhie Wibowo. Sosok yang karib disapa Ibu Ageng ini akan dimakamkan hari ini, Selasa (21/9/2021) […]