Ace Hasan: Jangan Pernah Ragukan Nasionalisme Pesantren

Editor Anggota MPR RI, Ace Hasan Syadzily./visi.news/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Ace Hasan Syadzily menegaskan bahwa pondok pesantren mempunyai peran penting dalam kehidupan bernegara kita. Hal itu disampaikan pada acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bersama Forum Pondok Pesantren (FPP) Kabupaten Bandung Barat, Rabu, (28/4/2021) di Ngamprah, Bandung Barat.

“Pesantren punya kontribusi besar bangsa. Kita harus bangun kemandirian kita (ponpes) sebagai kekuatan masyarakat madani”, jelas Ace.

“Saya sering katakan, jangan pernah ragukan nasionalisme ponpes. Ini karena perjuangan tokoh-tokoh ponpes”, lanjut Ace.

Berkaitan dengan tujuan negara sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945, menurut Ace, pesantren mempunyai andil yang cukup besar dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.

“Para kyai yang mengajar di ponpes, itu juga dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sesuai tujuan bangsa kita”, ujar Ace.

Selain itu, Ace juga menyampaikan bahwa pesantren juga dapat mendapatkan dukungan dana dari Pemerintah Daerah.

“Kalau dulu ponpes dapat dibiayai ABPN, kalau sekarang bisa dibiayai ABPD. Bapak-bapak bisa suarakan itu ke Pemda. Ini payung hukumnya jelas, konsekuensi UU Pesantren”, jelas Ace.

Kesempatan ini dimanfaatkan para pimpinan pesantren menyampaikan aspirasi mereka. Salah satunya berkenaan dengan pendataan pesantren.

“Yang pertama, dalam tiga bulan berlalu, kami melaksanakan sosialisasi PMA No. 30/2020 tentang pendataan ulang ponpes. Sudah ada 630 ponpes. Tapi NSPP tidak kunjung datang. Mohon sampaikan dan perjuangkan ke Direktur Pendis”, ujar Abdurrahman Affandi, Bendahara FPP Kabupaten Bandung Barat. @mpa

Baca Juga :  Dompet Dhuafa dan Kimia Farma Kembangkan Program Kesehatan Gili Gede ke Pemberdayaan Masyarakat

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Persib Bandung Dihujat Bobotoh, Supardi Sampaikan Pledoi

Kam Apr 29 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Persib Bandung dihujat habis-habisan oleh para bobotoh setelah kalah pada final Piala Menpora 2021. Dalam dua laga melawan Persija Jakarta, Supardi cs. tak berdaya. Mereka takluk 0-2 dan 1-2. Saking kecewa, beberapa oknum bobotoh bahkan melempari kantor Persib dengan batu dan flare. Tiga hari setelah laga leg […]