Ada 4 Pondasi Penting Agar Pelaku Usaha Keluar dari Zona UMKM

Editor Salah seorang narasumber yang memberikan materi dalam seminar UMKM bertajuk " Bisnis Super Team Day" di Solo/visi.news/istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Para pelaku usaha yang kini masih di zona usaha mikro kecil dan menengah, bisa keluar dari zona tersebut dan naik ke level yang lebih tinggi, jika mereka dapat membangun tim yang solid yang merupakan satu di antara 4 pondasi dalam membangun bisnis, selain faktor finansial, sales dan marketing, serta operasional perusahaan.

Ketua Umum Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Solo Raya, Ali Effendi, menyampaikan hal itu dalam seminar “Bisnis Super Team Day” di Hotel Horizon, yang diikuti 50 pelaku UMKM berbagai daerah Solo Raya, Sabtu (18/09/2021).

“Empat hal inilah pondasi yang harus dimiliki pelaku usaha dalam menjalankan bisnis agar bisa menuju ke next level,” katanya.
Fendi menekankan, keempat pondasi tersebut penting untuk memperkuat pelaku usaha, sehingga bisnis yang dijalani bisa ditingkatkan levelnya.
“Jika saat ini masih berada di zona UMKM, dengan memperkuat 4 pondasi ini pelaku usaha bisa membawa usahanya keluar dari zona UMKM, omsetnya meningkat,” jelasnya.

Seminar Super Team Day ini, sambungnya,dia harapkan bisa memberi input bagi pelaku usaha agar bisa membangun pondasi pertama dari usahanya, yakni membangun super tim yang loyal dengan bisnisnya.

Narasumber lain, Labieb, yang bersama Fendi dan Mudaza bergabung dalam Trio Rachacha Grup, menjelaskan, mereka berkolaborasi dalam bisnis karena menyadari tidak mungkin bisa menjalankan bisnis sendirian.
“Karena setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, kalau bisa potensi masing-masing dikolaborasikan pasti bisa lebih baik,” ujar pengusaha muda itu.

Labieb menambahkan, tim yang solid adalah investasi besar dalam sebuah bisnis. Untuk membangun tim, lanjut Labib, tidak masalah jika harus mengeluarkan biaya seperti memberangkatkan anggota tim ikut workshop bisnis yang biayanya tidak murah.

Baca Juga :  Gubernur Jabar Tunggu Rekomendasi MUI Terkait Ponpes Al Zaytun Indramayu

Pembicara lain, Khoyrul Fauzan, mengungkapkan, upaya membentuk mindset dalam membangun superteam harus dimulai dari pemilik usahanya dulu.
“Jika ownernya beres, maka bisnisnya beres. Jika bisnisnya beres, maka customernya juga beres. Makanya semua bermuara ke bisnis ownernya,” tandasnya.
Sedangkan pemateri utama, Alfan Robbani, menekankan pentingnya membentuk tim dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya tim, minimal pelaku usaha tidak bekerja sendirian dalam menjalankan usaha.@tok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Persib Bandung Gagal Kalahkan Sepuluh Pemain Bali United

Ming Sep 19 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Bali United yang harus bermain dengan sepuluh orang saja, malah mampu mendikte permainan dari Persib Bandung. Persib Bandung kembali gagal mengalahkan Bali United, pada pekan ketiga Liga 1 2021/22, di Indomilk Arena, Sabtu (18/9) malam WIB. Laga ini diwarnai kartu merah untuk pemain Bali United, debut Eber […]