Amuk Hujan Badai di Cinunuk 170 Rumah Rusak Ringan dan Berat

Editor :
Seorang warga tengah melihat-lihat rumah yang rusak diterjang hujan badai (kiri), sementara foto kanan rumah yang sudah tanpa atap./visi.news/yaso.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sebanyak 170 rumah, termasuk ada sejumlah masjid di Desa Cinunuk dan Desa Cibiruwetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, rusak ringan dan berat diterjang hujan disertai angin kencang dan badai, Minggu (25-20-2020) sore kemarin.

Dari 170 rumah yang rusak ringan dan berat tersebut, 70 rumah di Desa Cibiruwetan dan 100 di Desa Cinunuk.

Hingga saat ini aparat di ke dua desa dan Muspika Cileunyi masih melakukan cek lapangan pascahujan badai tersebut. Korban yang rumahnya mengalami kerusakan ringan dan berat saat ini tengah melakukan berbaikan.

Kades Cibiruwetan, Hadian Supriatna ketika dikonfirmasi, Senin (26/10/2020) mengatakan, dari 70 bangunan rumah yang tersebar sejumlah RW ada tambahan 1 bangunan bambu atap terpal sarana bulutangkis Cikoneng 3 rusak berat.

“Tadi malam langsung tanggap cepat rapat LPM, BPD, Pemdes, dan BPBD Kabupaten Bandung,” katanya.

Menurut Hadian, terkait musibah alam tersebut, Desa Ciburuwetan turunkan dana suport untuk stimulus Rp 250.000/rumah.

“Poin penting kami respons cepat dan siapkan stimulan meski itu sangat tidak menadai, tapi minimal desa hadir lebih awal untuk peduli,” ucapnya.

Sedangkan di Desa Cinunuk total rumah yang rusak meski saat ini masih menghimpun data lengkap dari sejumlah RW diperkirakan bisa mecapai 100 lebih rumah, termasuk sejumlah masjid.

“Jumlah rumah yang rusak ringan dan berat kita perkirakan lebih dari 100 rumah. Datanya masih dihimpun mudah-mudahan siang sudah ada data pasti,” kata Sekdes Cinunuk, Idi Koswara.

Sementara itu, Riki Ganesa, anggota DPRD Kabupaten Bandung dari dapil 3 warga Desa Cinunuk turut prihatin atas musibah hujan badai yang menerkang Cileunyi, terutama Desa Cinunuk dan Desa Cibiruhilir.

Tadi malam, kata Riki, ia bersama tim BPPD Kab. Bandung hingga pukul 23.00 berada di sejumlah titik memantau dan melakukan langkah-langkah penanggulan.

“Saya tekankan ke pihak desa untuk mendata secara lengkap jumlah korban yang rumahnya rusak ringan dan berat agar bisa mendapatkan bantuan stimulus dari kecamatan atau Pemkab Bandung. Saya berharap bantuan segera turun untuk meringankan beban para korban hujan badai tersebut,” harap wakil rakyat DPRD Kab. Bandung dari Komisi A Fraksi Golkar ini.

Diberitakan, hujan lebat disertai angin kencang landa Kecamatan Cileunyi, Kabupatan Bandung, Minggu (25/10/2020) sekitar pukul 15.30 WIB. Hujan lebat disertai angin yang berlangsung sekitar 15 menit tersebut diperkirakan merusak puluhan bangunan dan menumbangkan pepohonan. @yas

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasil Liga Italia: Juventus Nyaris Dipermalukan Verona

Sen Okt 26 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Juventus nyaris menelan kekalahan saat ditahan imbang Verona 1-1 dalam laga lanjutan Liga Italia di Stadion Allianz, Turin, Senin (26/10) dini hari WIB. Juventus langsung memegang kendali permainan di kandang sendiri. Tim asuhan Andrea Pirlo itu pun menciptakan peluang melalui Federico Bernardeschi yang masih digagalkan kiper Verona, Marco Silvestri. […]