Arus Balik GT Pasteur Bandung Normal, Pantai Pangandaran Macet Total

Editor Ilustrasi./antara foto/raisan al farisi/via cnnindonesia/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Gerbang Tol Pasteur di Kota Bandung belum dipadati pemudik pada H+1 arus balik atau Rabu (4/5). Petugas shift Gerbang Tol Pasteur mencatat baru 10.415 kendaraan meninggalkan Kota Bandung via Pasteur hingga pukul 12.00 WIB.

Sedangkan pada pukul 05.00-11.59 WIB, jumlah kendaraan yang keluar GT Pasteur mencapai 12.004 unit. Artinya sejauh ini arus balik belum terasa dari GT Pasteur.

“Dari pukul 05.00 sampai dengan 11.59 WIB, sudah ada 12.004 kendaraan yang keluar tol Pasteur. Sementara, 10.415 kendaraan masuk GT Pasteur hingga pukul 12.00 WIB,” kata Kepala Shift GT Pasteur Nurhayati Dewi, Rabu (4/5/2022), dilansir dari CNN Indonesia.

Nurhayati menyebutkan volume kendaraan tersebut tak jauh beda dengan hari sebelumnya pada Selasa (3/5).

“Artinya mulai ada peningkatan volume kendaraan (masuk ke Kota Bandung), dan hampir sama dengan hari kemarin yang mencapai 12 ribuan,” ucapnya.

Dewi menambahkan pihaknya tetap mengoperasikan 12 gardu yang ada di GT Pasteur. Hal itu dilakukan untuk memastikan kelancaran arus kendaraan baik yang masuk dan keluar Tol Pasteur.

“Seluruh gardu sebanyak 12 diaktifkan, agar transaksi bisa berjalan lancar untuk mengurai antrean. Kemungkinan peningkatan volume kendaraan akan terus terjadi sampai sore nanti mengingat masih libur Lebaran sekarang,” tuturnya.

Untuk diketahui, GT Pasteur menjadi salah satu pintu masuk bagi warga dari luar Kota Bandung. Selain itu tol ini menjadi salah satu favorit untuk masyarakat yang akan kembali ke Jabodetabek baik pengguna kendaraan umum maupun pribadi.

Jalur wisata Pantai Pangandaran macet total

Sementara itu kemacetan lalu lintas terjadi di jalur wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat pada Rabu (4/5). Pihak kepolisian menyarankan beberapa jalur alternatif menuju tempat wisata pantai tersebut.

Baca Juga :  Pilkada Jangan Jadi Ajang Sebarkan Kebencian dan Pecah Belah

Ribuan wisatawan dilaporkan terus berdatangan ke Pantai Pangandaran untuk mengisi libur Lebaran. Hal itu terlihat dari akun Twitter resmi Dinas Perhubungan Jawa Barat.

“Situasi arus lalulintas di objek wisata pantai Pangandaran macet total,” tulis akun @dishub_jabar pada Rabu (4/5) siang.

Dalam video singkat yang diunggah terlihat antrean kendaraan menuju pantai dan suasana pantai yang dipenuhi pengunjung.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan tak sedikit dari mereka terjebak kemacetan parah berjam-jam dan akhirnya mengurungkan niat berwisata.

Untuk menghindari kemacetan, lanjut dia, pengunjung dapat menggunakan jalur alternatif menuju kawasan wisata Pantai Pangandaran dari Bandung.

“Bisa melalui jalur wisata Ciwidey atau Pangalengan menuju ke arah Cidaun Cianjur, kemudian menelusuri jalur Pantai Selatan Rancabuaya, Pameungpeuk, Cipatujah, Cikalong, Cijulang, dan Parigi,” tuturnya, Rabu (4/5).

Sedangkan dari Jakarta, lanjut Ibrahim, bisa melalui Sukabumi via Palabuanratu, Geopark Ciletuh, Pantai Ujunggenteng Surade, Tegalbuleud, Agrabinta, Sindangbarang, Cidaun, Rancabuaya, Pameungpeuk, Cipatujah, Cikalong, Cijulang dan tembus ke Parigi.

Pantai Pangandaran sendiri merupakan destinasi wisata favorit di Jabar. Hal itu dikarenakan pengunjung dapat melihat Matahari terbit di pantai timur dan Matahari terbenam di pantai barat.

Selain itu terdapat pula Suaka Margasatwa Pananjung Pangandaran, tempat banteng hidup, dan kampung wisata. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

REFLEKSI | Duri Dalam Daging

Kam Mei 5 , 2022
Silahkan bagikanOleh Bambang Melga Suprayogi, M.Sn. DURI dalam daging adalah istilah musuh dalam selimut, yang ternyata dalam kepribadian atau kedirian kita itu, ia musuh terbesar dalam diri ini, dan itu, ya hawa nafsu kita…. Okelah jangan bicara hawa nafsu yang terlalu esensi…!! Yang sudah biasa kita dengar, dan sudah seringkali […]