Bansos PKH Cair, Wagub Ingatkan Jangan Ada Kerumunan

Silahkan bagikan

VISI.NEWS -Pemerintah pusat sudah mulai mencairkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) sejak pekan kedua bulan Juli ini. Biasanya, begitu informasi pencairan diterima, keluarga penerima manfaat bantuan ini akan antusias untuk mengambil di bank atau kantor pos. Bahkan terkadang hingga mengabaikan protokol kesehatan.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan, penyaluran bansos PKH di Jawa Tengah sempat tertunda karena adanya PPKM Darurat. Rencananya, pekan ini baru akan dimulai pencairan bansos PKH tahap ketiga.

Hal ini ia sampaikan usai mengikuti Rapat Koordinasi dengan Menko Maritim dan Investasi tentang Progress Penyaluran Bantuan Sosial selama Perpanjangan PPKM di Pulau Jawa dan Bali secara daring, Kamis (22/07/2021).

“Tunggu saja ya masyarakat, karena kita nggak pengen  ada kerumunan. Masyarakat juga saya imbau, apabila akan mengambil bantuan-bantuan, baik lewat perbankan maupun kantor pos, kalau bisa ikuti saja jadwalnya,” pesannya.

Imbauannya ini dikarenakan masih banyak keluarga penerima manfaat, yang meskipun sudah menerima jadwal pengambilan bantuan, masih berkali-kali datang demi memastikan akan mendapat giliran.Kejadian seperti ini menjadi rawan menimbulkan kerumunan.

“Padahal sebetulnya sudah dikasih tahu dari perbankan tanggal sekian cairnya. (Misalnya) 1,2,3 dan seterusnya. Tinggal nunggu aja,” ujarnya.

Pada Menko Marinves, Taj Yasin menyampaikan, realisasi bansos dari APBN untuk sembako sebesar 1.123.542 dari target 2.950.000. Sementara untuk Bantuan Sosial Tunai (BST), baru terealisasi 14.454 dari target 1.024.124. Untuk PKH tahap kedua (April 2021), dari target 1,6 juta lebih penerima manfaat, sudah disalurkan ke 1.563.697.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga memiliki program bansos melalui Kartu Jateng Sejahtera dengan anggaran sebesar Rp 38 miliar lebih. Pada tahap pertama, dari target 12.764 penerima manfaat (81,2%) sudah diterima 10.352 penerima manfaat. Sementara penyaluran tahap kedua sudah terealisasi 77,6%. @Alfa

Baca Juga :  Simulasi Prokes Tempat Wisata, Taj Yasin : Candi Borobudur Sudah Layak Uji Coba

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sahrul Gunawan Kunjungi Vaksinasi Covid-19 di Desa Mekarrahayu

Ming Agu 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunakan meninjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Covid-19 Bumi Asri Mekarrahayu, di Desa Mekarrahayu, Kecamatan Marga Asih, Sabtu, (3/7/2021). Pelaksanaan vaksinasi yang merupakan kerjasama Pemdes Mekarrahayu dengan alumni Unpar dan sebagai pelaksana para dokter dari Puskesmas Rahayu itu, diikuti antusias warga Bumi Asri Mekarrahayu dan […]