Bupati Temanggung Minta Pabrikan Rokok Naikkan Harga Tembakau

Editor Bupati Temangung H M Al Khadziq didampingi sejumlah pejabat Pemkab Temanggung, melakukan kunjungan ke perwakilan pembelian PT Djarum Kudus di Lingkungan Bendo, Kecamatan/Kabupaten Temanggung, Selasa (31/8/2021). /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Bupati Temangung H M Al Khadziq didampingi sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, melakukan kunjungan ke perwakilan pembelian PT Djarum Kudus di Lingkungan Bendo, Kecamatan/Kabupaten Temanggung, Selasa (31/8/2021).

Kegiatan ini dilakukan untuk memantau pembelian tembakau oleh perwakilan pabrikan PT Djarum Kudus yang ada di Temanggung. Adapun dari hasil pantauan didapatkan bahwa pembelian masih lesu. Hal ini dikarenakan harga yang diberikan oleh pabrik Djarum masih jauh dari yang diharapkan oleh petani.

Sedangkan dari pihak Djarum masih selektif dalam memilih kualitas dari tembakau, karena kualitas yang dicari di lapangan masih sulit dipenuhi oleh petani. Saat ini, antara petani, pedagang dan pabrikan masih saling menahan diri. Pedagang masih menahan barang dan pihak Djarum masih menahan pembelian, karena harga belum ketemu.

Dalam kesempatan ini, Bupati berharap agar pihak PT Djarum dapat menaikkan harga, supaya ketemu dengan harga harapan petani, sedangkan kepada petani Bupati meminta kualitas dalam menggarap tembakaunya untuk lebih baik lagi, sehingga speknya akan masuk spek pabrik. Nantinya kalau dari pabrik menaikkan harga dan dari petani meningkatkan kualitas, sehingga akan ketemu antara keinginan petani dan pabrik, sehingga bisnis akan berjalan.

“Kalau dari pabrik menaikkan harga dan petani menaikkan kualitas, saya rasa akan segera ketemu antara keinginan petani dan keinginan pabrik, sehingga bisnis bisa berjalan,” kata Bupati.

Secara umum perdagangan tembakau di Temanggung mulai berangsur membaik, meskipun masih dirasa kurang oleh petani maupun pedagang tembakau, tetapi situasinya sampai sekarang kondusif.

Pemkab Temanggung berupaya mengatasi masih lesunya pembelian tembakau dengan melaksanakan rapat khusus dengan mengundang secara resmi pihak pabrikan Djarum untuk percepatan perdagangan tembakau di Temanggung.

Baca Juga :  Lapas di Jateng Bakal Disasar Jadi Kantong Plasma

Sedangkan Arif Raharja dari grader Djarum menyampaikan, bahwa sampai saat ini gudangnya sudah membeli tembakau dengan kualitas premium dari Gunung Sumbing sampai dengan harga Rp. 62.500,- per kilogram, tetapi belum banyak. Pembelian tembakau yang banyak masih diantara harga Rp. 45.000-Rp. 50.000,- per kilogram dan ada juga yang dikisaran Rp. 50.000,-Rp.55.000,- per kilogram.

“Sampai saat ini belum banyak barang yang terserap oleh pabrikan, karena memang dari petani dan pedagang belum banyak yang setor,” terang Arif.

Hal ini dikarenakan, petani dan pedagang masih merasa harga yang diberikan oleh pabrikan masih terlalu rendah, sehingga mereka masih menahan barang. Sedangkan dari pihak pabrikan merasa sampai saat ini harga sudah cukup baik, karena sudah sampai pembelian dengan harga Rp. 62.500,- meskipun jumlah barang yang dihargai dengan harga tersebut masih sedikit.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jual Perempuan Rp 75 Ribu, Pria Tasikmalaya ini Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Rab Sep 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kepolisian Resor Tasikmalaya menangkap seorang lelaki berinisial DP asal Tasikmalaya. DP diduga menjual perempuan untuk melayani pria hidung belang sebesar Rp 75 ribu hingga Rp 200 ribu. Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tasikmalaya, AKP Haryo Prasetyo Seno menyebut bahwa penangkapan DP merupakan pengembangan kasus perdagangan manusia yang […]