Dalam Upaya “Menghijaukan” Cagar Alam Raja Abdulaziz di Riyadz, 300 Ribu Benih Pohon Sidr Ditebar dengan Drone

Drone saat menabur 300 ribu benih pohon Sidr di Cagar Alam Raja Abdulaziz di Riyadh, Arab Saudi. /saudigazette
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | RIYADH — Otoritas untuk Pengembangan Tutupan Vegetasi di Cagar Alam Raja Abdulaziz di Riyadh, Arab Saudi, telah mengerahkan drone pada Selasa lalu untuk penyebaran 300.000 benih Sidr liar di area yang luas di wilayah Fayyad Al-Summan. Ini adalah bagian dari kampanye penghijauan otoritas yang berjudul “Ayo hijaukan.”

Pihak berwenang, seperti dilansir dari saudigazette, Jumay (7/1/2021),  mengatakan bahwa tujuan penyebaran benih adalah untuk memulihkan habitat alami cagar, secara bertahap meningkatkan keanekaragaman dan kepadatannya, dan mengembangkan tutupan vegetasi di dalamnya, dengan cara yang berkontribusi untuk mencapai keseimbangan lingkungan, melestarikan keanekaragaman hayati, memerangi penggurunan dan meningkatkan kualitas udara.

Pihak berwenang telah mengadopsi eksperimen penyebaran drone dalam penyebaran bibit sebagai salah satu teknik yang menjanjikan selain mengurangi waktu yang dihabiskan untuk operasi penyebaran.

Pada April 2021, King Abdulaziz Royal Reserve meluncurkan fase pertama kampanye penghijauan, yang bertujuan menanam 500.000 bibit.

Kampanye ini dilakukan, bekerja sama dengan Pasukan Khusus untuk Keamanan Lingkungan (SFES) dan Pusat Nasional untuk Pengembangan Tutupan Vegetasi dan Memerangi Desertifikasi.

Pohon Sidr adalah pohon yang kokoh dan berakar dalam yang ukuran rata-rata biasanya antara 7-8 meter. Cabang-cabangnya lunak dan berwarna abu-abu kekuningan. Bunga tanaman ini berwarna kuning serta buah sidr berbentuk bulat yang berubah menjadi kemerahan saat masak. Buah dari pohon Sidr yang kaya akan protein memiliki nilai gizi yang tinggi yang dapat meningkatkan energi dan memperkuat kekebalan tubuh.

Daun Sidr, yang kaya akan kalsium, zat besi dan magnesium, memiliki efek terapeutik yang melawan banyak kondisi kesehatan yang buruk. Sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya yang kuat digunakan dalam pembuatan disinfektan luka alami sementara minyak yang diekstraksi dari resin digunakan untuk deodoran. Sebagai agen anti-inflamasi, daun Sidr menenangkan mata bengkak, abses, furunkel dan, di sisi lain, memerangi obesitas juga.@mpa/saudigazette

Baca Juga :  Jadwal Lengkap Final dan Perebutan Posisi 3 Piala Menpora 2021

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Liburan Akhir Pekan, Ini Doa Sepanjang Perjalanan

Jum Jan 7 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Dzikir apa pun termasuk Surat Al-Ikhlas adalah kalimat yang seharusnya dilazimkan sesering mungkin dalam keseharian kita. Ketika berjalan kaki atau berkendaraan, kita kerap lalai untuk menyebut asma Allah atau kalimat-kalimat suci yang mengandung keutamaan luar biasa. Tetapi salah seorang sahabat Rasulullah SAW melazimkan sebuah bacaan […]