Diduga Lakukan Pungli, Wali Kota Tangerang Copot Lurah Paninggilan Utara

Editor Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. ©2021 Merdeka.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Inspektorat mengaku telah memeriksa oknum lurah Paninggilan Utara. Lurah itu diduga pelaku Pungutan Liar (pungli) atas layanan penerbitan surat keterangan ahli waris.

“Kami mengetahui kasus tersebut dua hari lalu. Dan benar, dalam video tersebut adalah Lurah Paninggilan Utara. Dengan itu, kami tindak cepat, Kamis kemarin kita suratin yang bersangkutan, dan Jumat pukul 09.00 tadi kami lakukan pemeriksaan oleh tim BKPSDM,” terang Kepala BKPSDM Kota Tangerang, Haryanto, Jumat (6/8/2021).

Haryanto menjelaskan, dalam pemeriksaan terhadap sang Lurah, pihaknya melibatkan tim pembinaan, pendisiplinan dan psikolog analis integritas. Pemeriksaan terhadap lurah berjalan selama dua jam. Hasil pemeriksaan dikirimkan ke Inspektorat untuk ditindaklanjuti lebih jauh.

“Terkait investigasi lanjutan, hingga putusan BKPSDM serahkan ke Inspektorat dan tim yang berwenang. Pastinya, BKPSDM tidak membenarkan tindakan tersebut terlebih sebagai aparatur negara,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kota Tangerang Dadi Budaeri mengaku tengah melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan, untuk segera dilakukan pemeriksaan gabungan. Antara tim Inspektorat, BKPSDM, dan pimpinan terkait yaitu camat.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, baru bisa dinilai akan dikenakan sanksi ringan, sedang atau berat dengan hukuman apa, dan paling berat adalah non job,” jelas Dadi.

Sebelum putusan sanski terhadap oknum ASN itu, Inspektorat akan terlebih dahulu melaporkan hasil pemeriksaan gabungan itu untuk diserahkan ke pimpinan tertinggi yakni, wali kota.

“Kemudian bersama-sama dibuat hasil putusan atau vonis,” jelasnya.

Dadi juga mengimbau kepada seluruh ASN di Kota Tangerang untuk menjadikan kasus pungli tersebut, sebagai pelajaran berharga.

“Begitu juga dengan masyarakat Kota Tangerang, yang sekiranya menemukan kaus serupa, untuk tidak segan melaporkan keberbagai sarana laporan yang telah disediakan Pemkot Tangerang,” terang Dadi.@mpa/mdk

Baca Juga :  IPRO Lakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Lintas Sektor untuk Mempercepat Ekonomi Sirkular di Indonesia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TAFAKUR: Bulan Satelit Alami Terbesar di Tata Surya? Ini Jawaban Al Quran dan Sains

Sab Agu 7 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Al Quran dan sains ternyata telah lama mengungkap ukuran bulan sebagai satelit alami Planet Bumi. Bulan merupakan satelit alami terbesar di tata surya berdasarkan ukuran planet yang diorbitnya. Bulan berdiameter 27 persen, kepadatan 60 persen, dan massa ¹⁄₈₁ dari Bumi. Bumi sendiri hanya memiliki satu satelit dan bersifat alami yakni bulan. Bulan yang […]