Dua Wakil Ketua DPR Temui Perwakilan Massa Demo Tolak RUU HIP

Editor :
Massa pengunjuk rasa tolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) menggelar aksi demo di depan gerbang area kompleks MPR/DPR, Rabu, 24 Juni 2020./cnn indonesia/bisma septalisma.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pimpinan DPR RI, Azis Syamsuddin dan Sufmi Dasco Ahmad, menerima perwakilan massa dari Front Pembela Islam (FPI), Persaudaraan Alumni (PA) 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), dan ormas Islam lainnya yang berunjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Pertemuan antara dua politikus berbeda partai politik itu dengan perwakilan massa pendemo berlangsung sekitar pukul 15.40 WIB. Salah satu perwakilan pendemo yang turut hadir dalam pertemuan itu adalah Ketua Umum FPI Ahmad Sobri Lubis. Belum diketahui poin-poin yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Sebelumnya, ormas yang tercatat masuk dalam Anak NKRI tersebut antara lain FPI, PA 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), serta ormas Islam lainnya berdemonstrasi di depan Gedung DPR RI.

Dalam aksinya, mereka menolak konsep Trisila dan Ekasila dalam RUU HIP yang diinisasi oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR.

Sejumlah pihak mengkritik poin-poin dalam draf RUU HIP yang dianggap justru mendegradasi Pancasila. Penolakan utamanya datang dari ormas Islam. FPI menyebut RUU HIP mengindikasikan kebangkitan komunisme.

Sementara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama tegas meminta pemerintah tak melanjutkan pembahasan RUU HIP. PBNU, misalnya, menilai RUU HIP berpotensi memicu konflik dan menghidupkan kembali sistem di era Orde Baru ketika negara begitu kuat mengontrol masyarakatnya.

Pemerintah sendiri telah meminta DPR menunda pembahasan RUU HIP. Pemerintah juga meminta DPR sebagai pengusul pembahasan RUU tersebut agar berdialog dengan masyarakat dulu.

“Meminta DPR sebagai pengusul untuk lebih banyak berdialog dan menyerap aspirasi dulu dengan semua elemen masyarakat,” kata Menko Polhukam Mahfud MD di akun twitternya beberapa waktu lalu. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua Apdesi Kab. Bandung: Menjadi Kepala Daerah Itu Sederhana

Rab Jun 24 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Untuk menjadi calon kepala daerah itu sebenarnya sangat sederhana sekali. Mengetahui adat istiadat, kebudayaannya, dan karakteristik daerahnya secara signifikan. Demikian dikemukakan Ketua Apdesi Kabupaten Bandung, Nanang Witarsa (Om Nawi), Om Nawi menyebutkan, dengan mengenal daerah pencalonannya, serta bagaimana kebiasaan masyarakatnya, dia yakin calon tersebut bisa meraih suara […]