FIS Ajak Guru Besar Arkeologi UI Kunjungi Candi Sambimaya di Indramayu

Editor FIS mengajak Prof. Dr. Agus Aris Munandar M.Hum untuk melihat Candi Sambimaya Indramayu yang terletak di Blok Dingkel, Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jumat (13/5/2022)./via indramayukab.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KABUPATEN INDRAMAYU – Forum Indramayu Study (FIS) kembali mengadakan kegiatan. Kali ini FIS mengajak Prof. Dr. Agus Aris Munandar M.Hum untuk melihat Candi Sambimaya Indramayu yang terletak di Blok Dingkel, Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu pada Jumat (13/5/2022).

Agus Aris Munandar yang merupakan Guru Besar Arkeologi Universitas Indonesia (UI) ini sejatinya adalah putra asli Indramayu. Agus Aris Munandar lahir di Kelurahan Lemahabang, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Agus Aris Munandar mengunjungi Candi Sambimaya didampingi oleh Ketua Umum FIS Arif Rofiuddin dan beberapa rekan. Dalam kunjungannya kali ini, Agus Aris Munandar menuturkan pendapatnya terkait keberadaan Candi Sambimaya.

“Kemungkinan besar sisa-sisa percandian Sambimaya adalah bukti pencapaian peradaban kuno di Indramayu telah berkembang sejak awal masa klasik di tanah Jawa,” tutur Aris Munandar.

Agus Aris Munandar mengungkapkan rasa senangnya dapat melihat Candi Sambimaya, sembari bernostalgia semasa kanak-kanak di Indramayu.

Selain berkunjung ke Candi Sambimaya, Guru Besar Arkeologi UI tersebut juga mengunjungi beberapa tempat antara lain Makam Ki Buyut Tuban di Tirtamaya, dan berkunjung ke Desa Segeran, serta Karangampel.

Selain itu kunjungan Agus Aris Munandar ke Indramayu sebagai obat kerinduan akan tanah kelahirannya dan sembari berziarah ke makam orang tuanya di Indramayu yang dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Samsu yang berlokasi di belakang DPRD Kabupaten Indramayu.

Ketua Umum FIS Arif Rofiuddin sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan Prof. Agus Aris Munandar ke Candi Sambimaya. Diharapkan kunjungannya ini dapat memberikan kontribusi lebih dalam pelacakan secara arkeologis terkait Candi Sambimaya.

“Terima kasih kepada Prof. Agus yang berkenan mengunjungi Candi Sambimaya. Diharapkan keberadaaan Candi Sambimaya ini dapat menjadi temuan penting dalam peradaban manusia di Bumi Wiralodra. Kami FIS akan senantiasa mengawal dan mendukung kemajuan Candi Sambimaya,” ujar Arif. @fen

Baca Juga :  SEHAT: Kapan Waktu yang Tepat untuk Tes Covid-19?

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemerintah Siap Layani Jemaah Haji 1443 H/2022 M

Rab Mei 18 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BOGOR – Pemerintah siap memberikan layanan kepada jemaah Indonesia untuk beribadah haji tahun 1443 H/2022 M. Penegasan ini disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Rapat membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji. “Intinya, pemerintah sudah siap melayani jemaah haji, […]