Garis Keturunan Sumedang Larang: Pengakuan Resmi untuk Pj Bupati Yudia Ramli

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KAB. SUMEDANG – Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, secara resmi menerima silsilah Kerajaan Sumedang Larang dari Sri Radya Pangawulan Sumedang Larang, H.R.I Lukman Soemadisoeria, dalam sebuah acara resmi yang berlangsung di Gedung Srimanganti pada Rabu, (10/7/2024). Penyerahan ini menandai pengakuan resmi terhadap garis keturunan Yudia Ramli yang berasal dari kerajaan Sumedang Larang. Dengan penerimaan silsilah ini, Yudia Ramli resmi menyandang gelar kehormatan Raden, yang merupakan bagian dari tradisi kerajaan.

Sri Radya Pangawulan menjelaskan bahwa penyerahan silsilah ini dilakukan setelah melalui proses penelusuran dan verifikasi yang ketat oleh tim silsilah asli Keraton Sumedang Larang dan tim silsilah keluarga Pj Bupati. “Penyerahan Silsilah ini setelah dilakukan penelusuran dan verifikasi oleh tim silsilah asli Keraton Sumedang Larang dan tim silsilah keluarga pak Pj Bupati,” ungkap Sri Radya Lukman.

Maha Patih Karaton Sumedang Larang, R. Lily Damhur Soemadilaga, yang membacakan silsilah tersebut menambahkan bahwa hasil verifikasi memastikan bahwa Pj Bupati Yudia Ramli adalah keturunan dari kerajaan Sumedang Larang. “Sangat benar sekali bahwa H. R. Yudia Ramli merupakan keturunan dari Sumedang Larang, keturunan raja pertama Sumedang Larang yaitu Prabu Tadjimalela. Setelah penyerahan silsilah ini, mudah-mudahan lebih merekatkan tali silaturahmi antara kami,” ujarnya.

Pj Bupati Yudia Ramli menyatakan bahwa pengakuan yang diberikan oleh Karaton Sumedang Larang adalah suatu anugerah besar baginya. “Penyerahan silsilah Karaton Sumedang Larang ini merupakan suatu anugerah buat saya. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan sinergitas antara Karaton dengan Pemkab Sumedang dalam penyelenggaraan program-program Pemkab Sumedang,” ujar Pj Bupati Yudia.

Lebih lanjut, Yudia Ramli menyambut baik ajakan Karaton Sumedang Larang untuk bersinergi dalam membangun Sumedang, dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di daerah tersebut. “Karena potensi itu tidak bisa dilakukan oleh hanya Pemerintah Kabupaten Sumedang sendiri, kami harus bersinergi berkolaborasi dengan semua lini potensi yang ada di Sumedang, dan yang utama bagaimana Karaton Sumedang Larang ini ingin membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” jelasnya.

Baca Juga :  Agar  Sekolah Tatap Muka Terbatas Berjalan Baik, Ini Syaratnya

Kerja sama antara Karaton Sumedang Larang dan Pemkab Sumedang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumedang. Potensi wisata sejarah dan budaya yang dimiliki oleh Keraton Sumedang Larang bisa menjadi salah satu daya tarik utama yang mampu menarik wisatawan lokal maupun internasional, yang pada akhirnya berdampak positif pada perekonomian daerah.

Penyerahan silsilah ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi juga menjadi simbol kuat dari hubungan yang erat antara sejarah dan masa kini. Sinergi antara kerajaan dan pemerintah diharapkan mampu membawa Sumedang menuju kemajuan yang lebih besar, dengan tetap menghormati dan menjaga warisan budaya leluhur.

@rizalkoswara

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Resmikan STAHN Jawa Dwipa di Pembukaan Utsawa Dharmagita Nasional XV

Rab Jul 10 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOLO – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meresmikan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Jawa Dwipa pada acara pembukaan Utsawa Dharmagita (UDG) Nasional XV di Pura Mangkunegaran, Solo. Peresmian ini menjadikan STAHN Jawa Dwipa sebagai lembaga pendidikan tinggi keagamaan Hindu Negeri pertama di Pulau Jawa, sebuah pencapaian […]