HII Adopsi 4.000 Pohon pada Tahun 2016-2021

Editor Hadia Jaya salah seorang penerima manfaat program memasang plang. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Menyambut Hari Hutan Sedunia yang jatuh pada Senin kemarin, Hutan Itu Indonesia mengajak publik terlibat dalam usaha perlindungan hutan melalui skema program Adopsi Hutan. Program ini bertujuan mendekatkan publik dengan komunitas penjaga hutan yang berada di garis depan konservasi.

Sejak tahun 2016-2021, Hutan Itu Indonesia (HII), mencatat, lebih dari 4.000 pohon berhasil diadopsi di berbagai wilayah di Indonesia melalui berbagai panggilan aksi seperti Ku Lari Ke Hutan, Cerita dari Hutan, Aksi Jaga Hutan, Konsumsi Hasil Hutan Non-Kayu, Jalan-Jalan Ke Hutan, maupun program kesukarelawanan dengan melibatkan partisipasi individu, kelompok, maupun korporasi. Di tahun ini Hutan Itu Indonesia memiliki target 10.000 hektare hutan teradopsi di area perhutanan sosial dan hutan adat, yang terletak di Sumatra Barat, Bengkulu dan Kalimantan, kedepannya cakupan mitra Adopsi Hutan akan menyasar perhutanan sosial dan hutan adat di Aceh, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Vitri Sekar Sari salah satu pendiri dari Gerakan Hutan Itu Indonesia menyampaikan bahwa, “Adopsi Hutan adalah salah satu aksi nyata yang bisa dilakukan dari rumah untuk menjaga kekayaan hutan Indonesia. Dengan mengadopsi hutan, kita yang tinggal jauh dari hutan tetap bisa terlibat bahu membahu dengan para masyarakat penjaga hutan yang sehari-hari berpatroli hutan dan menggantungkan hidup keluarganya dari hutan,”

Tambahnya lagi “Yang mendapat manfaat bukan hanya mereka yang tinggal dekat dengan hutan, tapi kita semua juga mendapat manfaatnya, mulai dari oksigen yang terus diproduksi oleh hutan, berbagai bahan pangan dan rempah, air bersih yang menjadi sumber hidup kita tetap mengalir, dan keluarga kita terhindar dari berbagai risiko bencana longsor, banjir, maupun kekeringan yang diakibatkan hilangnya tutupan hutan. Melindungi hutan dengan mengadopsi hutan berarti mengambil satu langkah memastikan kehidupan kita, keluarga dan anak-anak kita tetap terlindungi.”

Baca Juga :  Ribuan orang di Myanmar turun ke jalan, kecam kudeta militer

Kampanye Adopsi Hutan merupakan kampanye urun dana publik bersama komunitas mitra di sekitar hutan untuk perlindungan kawasan hutan lewat skema pohon asuh dan aktivitas perlindungan ekosistem hutan. Dana yang diterima nantinya bisa dipakai untuk pemantauan partisipatif flora dan fauna, perawatan pohon asuh, dan sumber air serta membantu aktivitas peningkatkan penghidupan komunitas penjaga hutan dengan memanfaatkan produk hutan non kayu yang ramah lingkungan dan lestari. Kampanye Adopsi Hutan melibatkan mitra lokal di daerah seperti KKI Warsi, Forum Konservasi Leuser di Aceh, Kareumbi di Jawa Barat, Profauna di Jawa Timur, dan Yayasan ASRI di Kalimantan.

Hadia Jaya, salah satu penerima manfaat dari program Adopsi Hutan yang berasal dari Desa Rantau Kermas, Jambi menjelaskan bahwa, “Melalui adopsi hutan, hutan adat kami juga semakin dikenal dan sering dikunjungi, dimana setelah berkunjung mereka juga mengenal kopi serampas yang diproduksi di desa kami dan peningkatan penjualan setidaknya juga meningkatkan pendapatan desa,”

Ia juga menambahkan “Dengan menjaga hutan, maka daerah kami terutama yang memiliki area persawahan, insya Allah tidak akan kekeringan dan kekurangan air sehingga sawah dapat terjaga dan ketahanan pangan pun terjaga.” tutup Hadia.

Peringatan Hari Hutan Sedunia tahun ini memiliki tema “Hutan dan Produksi dan Konsumsi Berkelanjutan” diperingati setiap tanggal 21 Maret sejak tahun 2012 melalui resolusi No 67/200 Perserikatan Bangsa-Bangsa, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya semua jenis hutan, melalui upaya lokal, nasional dan internasional dengan kegiatan yang melibatkan hutan, dan pohon. Adanya program Adopsi Hutan dapat mendorong berbagai upaya menciptakan keberlanjutan hutan melalui lintas peran antar masyarakat di perkotaan dan bagi kelompok mitra yang tinggal di sekitar hutan, sehingga produksi, dan konsumsi akan sumber daya hutan tetap lestari. Anda bisa mendukung program Adopsi Hutan sebagai wujud kecintaan bagi keberlangsungan Hutan Indonesia mulai dari Rp 20.000 lewat hutanitu.id/donasi.@mpa

Baca Juga :  Abah Korun: DPD AMPI Kab. Bandung Pecat Oknum Anggota Pembelot dari NU Pasti

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tindak Lanjuti Arahan Presiden, Menkominfo Ajak Tingkatkan Kerja Sama Siapkan Regulasi Hak Penerbit

Sel Mar 22 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Dalam puncak acara Peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari 2022 lalu, Presiden Joko Widodo memberikan dukungan atas perumusan regulasi hak penerbit atau publisher rights.  Menindaklanjuti arahan Presiden itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak semua pihak untuk meningkatkan kerja sama penyiapan regulasi hak […]