Hujan Lebat dan Angin Kencang Terpa Sejumlah Wilayah di Indonesia Hingga 2 Juni

Ilustrasi hujan./kumparan/aditia noviansyah.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Cuaca buruk akan menerpa Indonesia selama dua hari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam informasi peringatan dini cuaca menyatakan hujan deras akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada 1-2 Juni 2020. Selain itu hujan di sejumlah wilayah juga akan disertai dengan angin kencang dan petir/kilat.

BMKG menyebut daerah sirkulasi siklon terpantau berada di pesisir barat Aceh, yang kemudian membentuk daerah konvergensi memanjang di Sumatera Utara.

“Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di perairan selatan Jawa, dari Kalimantan Selatan hingga perairan selatan Kalimantan Tengah, dari Laut Flores hingga Laut Jawa bagian timur, dan dari Laut Halmahera hingga Laut Sulawesi bagian timur,” penjelasan BMKG dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/5), seperti dilansir kumparan.com.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

“Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua,” tambah BMKG.

Adapun daerah yang bakal mengalami hujan berdasarkan laporan BMKG yang diperbarui pada 31 Mei 2020 pukul 20:45 WIB, yaitu:

Wilayah yang berpotensi hujan lebat

1 Juni 2020: Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara.

2 Juni 2020: Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir

1 Juni 2020: Aceh, Sumatra Utara, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Papua.

2 Juni 2020: Aceh, Sumatra Utara, Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perawat di Inggris Kampanyekan Bahaya Covid-19 dengan Bahasa Indonesia

Sen Jun 1 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Para tenaga medis, seperti dokter dan perawat asal Indonesia yang bekerja di berbagai rumah sakit di Inggris ikut melakukan kampanye tentang bahaya virus corona jenis baru (Covid-19) dengan Bahasa Indonesia. Pensosbud KBRI London Okky Diane Palma , Minggu (31/5), mengatakan KBRI London bangga ada perawat dari […]