Imbas Pandemi, Libur Idulfitri di Kebun Binatang Bandung Sepi  

Bandung Zoo yang tutup saat Idulfitri akibat pandemi corona, Minggu (24/5)./ayobandung.com/mildan abdalloh.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Momen Idulfitri biasanya dijadikan ajang untuk berekreasi. Namun saat pandemi Covid-19, seluruh tempat wisata ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Tidak terkecuali Bandung Zoo.

Kebun binatang yang dikenal dengan nama Direnten tersebut selalu menjadi buruan warga, baik untuk melihat koleksi satwa, maupun yang hanya botram (istilah makan bersama di alam terbuka).

Namun dengan ditutupnya aktivitas wisata, situasi di Bandung Zoo yang saat Idulfitri biasanya dipenuhi wisatawan, kali ini terlihat sepi seperti tidak berpenghuni.

Seluruh gerbang masuk pun tertutup rapat. Bahkan hampir semua kios ditutup seiring tidak adanya aktivitas wisata.

Melansir Ayobandung.com, hanya ada 2 kios di Pintu 3 yang buka saat idulfitri ini. Satu kios merupakan kantin yang menerima orderan melalui ojek daring. Satu lagi kios suvenir milik Entang Sugiri.

“Kan kebun binatangnya ditutup, jadi semua kios juga tutup,” tutur Entang Sugiri, Minggu (24/5).

Pria yang akrab disapa Giri tersebut menyebut aktivitas usaha di lokasi itu mengandalkan wisatawan dari Bandung Zoo. Seiring dengan ditutupnya aktivitas wisata, pelaku UMKM yang menempati kios juga berhenti.

“Saya buka karena tidak pulang. Daripada tutup, mending buka sambil ngerjain pesanan,” ujarnya.

Giri mengungkapkan, sejak aktivitas wisata di Bandung Zoo dihentikan, dirinya nyaris tidak memiliki pendapatan.

“Pesanan dari luar juga berhenti total,” katanya.

Biasanya, dalam sebulan Giri bisa menjual puluhan suvenir di kios. Selain itu, dia melayani pesanan dari toko-toko suvenir luar daerah. Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, Giri hanya mengandalkan pesanan dari penjualan daring.

“Paling ngerjain pesanan dari teman-teman di Facebook. Itu juga hanya satu dua. Kondisinya berat,” katanya. Sementara itu, pesanan borongan tidak didapatnya selama 2 bulan terakhir. @fen   

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rano Karno Mengaku Sedih Lebaran Tak Bisa Silaturahmi

Ming Mei 24 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Aktor senior Rano Karno mengaku sedih karena tidak bisa merayakan Idulfitri seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya. “Emang ada rasa sedih, sangat berasa sebagai individu bahwa kita harus mengevaluasi diri, apa yang terjadi ini saya yakin Allah tidak akan menguji di batas kemampuan,” kata Rano ditemui di Jakarta, […]