Inilah Ciri-Ciri Orang yang Mendapatkan Kemenangan Usai Ramadan

Editor Umat Islam menunaikan salat Idulfitri 1443 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2022)./via ihram.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Umat Islam di berbagai belahan dunia tengah merayakan Hari Raya Idulfitri 1443 H. Selain berarti kembali berbuka atau makan dan minum, Idulfitri juga bermakna kembali kepada kesucian dan hari kemenangan.

Sebab, sebulan penuh yakni pada Ramadan, seorang hamba ditempa untuk mencapai derajat “muttaqin” atau orang yang bertakwa. Namun, seperti apa tanda orang-orang yang meraih kemenangan pasca-Ramadan dan Idulfitri?

KH Mustain Nasoha menjelaskan ada 10 tanda orang yang berhasil meraih kemenangan pasca-Ramadan. Ini sebagaimana dinukil dari Hasyiyah Syekh Zadah ala Tafsir Baidhowi

1. Semakin baik pada orang tua

Kiai Mustain menjelaskan tanda orang yang berhasil meraih kemenangan pasca-Ramadan adalah orang tersebut semakin berbuat baik pada orang tua.

“Jadi setelah Ramadan semakin semangat untuk berbuat baik pada orang tua, itu berarti dia sukses mendapatkan hari kemenangan,” kata Kiai Mustain melalui pesan singkat beberapa hari lalu seperti dilansir Republika.co.id yang menghubunginya

2. Belas kasih kepada orang lain

Orang yang meraih kemenangan tandanya orang tersebut meninggalkan untuk melakukan aniaya. Orang itu sangat punya hati belas kasihan, rahmah, mencintai orang kain sebagaimana atau lebih dari pada mencintai dirinya sendiri.

3. Jauh dari gibah

Orang yang mendapatkan hari kemenangan itu adalah orang tersebut semakin atau tidak melakukan gibah.

4. Rindu mengerjakan amal saleh

Orang yang mendapat hari kemenangan akan cenderung semakin tidak mencintai dunia, justru ia akan semakin rindu kepada akhirat, atau rindu mengerjakan amal saleh

5. Banyak berzikir

Orang yang meraih kemenangan setelah Ramadan akan semakin banyak berzikir kepada Allah dalam setiap harinya.

6. Sabar

Orang yang meraih kemenangan itu akan semakin sabar ketika mendapat musibah dari Allah SWT.

Baca Juga :  Pelepasliaran Elang, Kado HUT ke-25 Balai TN Gunung Halimun Salak untuk Alam Indonesia

7. Senantiasa menjaga hati

Orang yang meraih kemenangan itu semakin menjaga kesucian hatinya. Maksudnya adalah menjauhkan diri dari penyakit-penyakit hati seperti ujub, riya, takabur, kikir, tamak, dan lainnya.

8. Istiqkmah bertadarus

Orang yang meraih kemenangan pasca-Ramadan akan senantiasa mengistikamahkan ibadah membaca atau bertadarus Al Quran pada hari-hari di bulan lainnya.

9. Ikhlas

Orang yang meraih kemenangan usai Ramadan akan semakin ikhlas di dalam melakukan segala ibadah, yakni semata-mata karena Allah SWT.

10. Mampu menahan nafsu

Orang yang meraih kemenangan akan mampu mengendalikan nafsunya sehingga setiap tindakannya terhindar dari kemaksiatan. @fen/sumber: ihram.co.id

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mengenang Artis Legen Mieke Wijaya yang Telah Tiada

Rab Mei 4 , 2022
Silahkan bagikanCatatan Ilham Bintang DUNIA film Indonesia kembali berkabung. Mieke Wijaya, salah satu artis legennya wafat Selasa ( 3/5/2022) malan pukul 19.30 WIB dalam usia 82 tahun. Meninggalkan empat anak, tujuh cucu, dan tiga cicit. Sebelum wafat, Mieke sempat di rawat di RS Mayapada selama 10 hari dan di RSPAD […]