Investasi di Kabupaten Bandung Terus Meningkat dari Tahun ke Tahun

Editor Kadis PMPTSP Ben Indra Agusta/visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bandung mencatat investasi yang masuk ke Kabupaten Bandung meningkat, baik penanaman modal dalam negeri (PMD) maupun penanaman modal asing (PMA).

Hingga akhir triwulan IV atau semester II tahun 2023, investasi di Kabupaten Bandung mencapai Rp 30,9 triliun, melebihi nilai investasi yang ditargetkan yakni Rp28,7 triliun. Capaian investasi tahun lalu itu lebih tinggi dibandingkan tahun 2022 yakni Rp29,4 triliun.

“Realisasi investasi tahun 2023 ini masih merupakan estimasi karena masih menunggu perhitungan melalui Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) sampai awal 2024,” kata Kepala DPMPTSP Kabupaten Bandung, Ben Indra Agusta, Selasa (9/7/2024).

Ben mengatakan, investasi yang dominan untuk tahun 2023 ini ada empat jenis diantara lain infrastruktur khususnya fasilitas Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, kemudian eksplorasi energi panas bumi, pariwisata dan UMKM.

“Untuk tahun 2023 yang paling besar itu di UMKM nya hampir Rp. 22 Triliun,
Eksplorasi panas bumi investasinya bisa sampai Rp7 triliun setahun, dan pariwisata yang perkembangannya cukup masif. Karena itu di tahun 2024 ini kami akan fokus investasi di bidang panas bumi, pariwisata dan pertanian atau agriculture,” sebutnya.

DPMPTSP Kabupaten Bandung, Kata Ben, meraih Juara III dalam Penilaian Kinerja Penanaman Modal Se-Jawa Barat atau West Java Investment Award (WJIA) 2023 yang digelar DPMPTSP Jawa Barat di Soreang, Kabupaten Bandung, pada bulan September 2023.

“Untuk di tahun ini juga yang diharapkan besar investasi masuk kaitan proyek tol Cileunyi, Garut, Tasikmalaya (Cigatas) karena banyak lahan diwilayah Kabupaten Bandung akan dipergunakan,” ucapnya.

Selain itu, Ben menyampaikan pesan juga kepada para investor yang akan berinvestasi ke Kabupaten Bandung agar lebih meningkatkan lagi investasinya, terumata di bidang pariwisata dan UMKM.

Baca Juga :  Hasil Survei Tidak Selalu Dijadikan Patokan, Dudy : Kader Golkar Di Jabar, Dirasa Semakin Solid Usung Airlangga Capres

“Kabupaten Bandung ini tempat yang strategis nyaman dan sejuk, jadi sangat bagus tepat berinvestasi disini, tentu ditempuh dengan persyaratan administrasinya yang saat ini sangat mudah dimiliki, ini komitmen dari Pak Bupati Dadang Supriatna membangkitkan roda perekonomian di Kabupaten Bandung,” terangnya.

@gvr

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Bedas Bakal Sulap Ribuan Hektare Lahan Tidur Menjadi Lahan Produktif, Begini Penjelesannya

Sel Jul 9 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Bupati Bandung Dadang Supriatna berencana akan menghidupkan kembali ribuan hektare lahan tidur di Kabupaten Bandung, menjadi lahan produktif untuk dikelola para petani dan masyarakat sekitar. Sebuah program pentahelix telah dirancang Bupati Dadang Supriatna bersama Fakultas Pertanian Unpad, Kodim 0624, Pemdes Arjasari, PDAM Tirta Raharja, Dinas […]