Kejar Kekebalan Komunal, Ganjar : Kita Percepat Vaksinasi

Editor :
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai rapat penanganan Covid-19 di komplek kantor Gubernur Jateng Kota Semarang,/visi.news/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus melakukan percepatan vaksinasi untuk mendorong terbentuknya herd immunity. Hingga minggu ke-37 ini, Pemprov Jateng berhasil memberikan vaksinasi lebih dari 1,6 juta per pekan.

“Kita percepat vaksin. Alhamdulillah tadi kita sudah 1,6 juta yang bisa kita genjot satu minggu meskipun target kita kami masih terus memohon kepada pusat agar bisa 2,5 juta tiap minggu,” kata Ganjar usai rapat penanganan Covid-19 di komplek kantor Gubernur Jateng Kota Semarang, Selasa (21/9/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo, mengaku sebenarnya pihaknya mampu melakukan vaksinasi lebih banyak lagi jika memang diperlukan.

“Vaksin per minggu cukup banyak. Minggu ke-37 kita dapat 1,6 juta. Dan kita mampu menyuntikkan lebih dari itu malahan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo

Dari Dinkes Jateng mencatat, di minggu ke-37 laju kecepatan mingguan vaksinasi mencapai 1.639.560. jumlah itu meningkat dibanding minggu ke-36 yaitu 1.155.044.

Yuli menyebut saat ini 35 persen masyarakat Jateng sudah tervaksin. Dengan beberapa kota malah sudah 100 persen. Vaksinasi dipercepat dalam upaya Pemprov Jateng menggeser situasi pandemi menjadi endemi dengan membentuk kekebalan komunal, herd immunity.

Namun Ganjar menyayangkan hingga kini masih ada sejumlah daerah di Jawa Tengah yang cakupan vakinasinya masih rendah.

Pada mereka Ganjar meminta agar setiap daerah yang menerima stok vaksin langsung dihabiskan.

“Tolong vaksinnya supaya dipercepat. Pokoknya begitu dapat besoknya langsung habiskan,” tegasnya.
Pada mereka juga, ia mengingatkan agar selalu disiplin menginput data di aplikasi jumlah vaksin yang sudah digunakan. Data-data yang di-input ke aplikasi ini sangat penting untuk menginformasikan pemerintah pusat mengetahui jumlah stok vaksin daerah. Dengan input data yang benar, Pemerintah Pusat akan mengetahui stok jumlah vaksin daerah yang sesungguhnya.

Baca Juga :  Jawa tengah Kasus Harian Covid-19 Pecah Rekor Tertinggi

“Tugas panjenengan (Anda) menghabiskan, biar kita yang meminta ke Kemenkes juga pede dan (bisa menunjukkan) ternyata memang kita bisa habiskan itu” kata Ganjar. @Andi S

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cegah Klaster Sekolah, Ganjar Minta Gelar Testing Sebelum PTM

Rab Sep 22 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Dalam menyiapkan pembelajaran tatap muka (PTM), sekolah-sekolah di Jawa Tengah diminta menggelar testing untuk mengantisipasi adanya siswa maupun guru yang terpapar Covid-19. “Sekarang kita minta untuk yang persiapan PTM itu harus disiapkan testingnya. Kalau perlu sekali-kali di-random test,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (21/9/2021). Permintaan untuk […]