Kembangkan Pusat Data di India, Adani Enterprise dan Edge Connex Jalin Kerjasama

Editor :
(Kiri ke kanan) Jeyakumar Janakaraj, CEO, AdaniConneX; Edmund Wilson, COO & Co-Founder, EdgeConneX; Anil Sardana, MD & CEO, ATL, MD - Thermal Power; Gautam Adani, Chairman, Adani Group; Sudipta Bhattacharya, CEO, Adani Group North America, and CTO, Adani Group. /visi.news/ist

Silahkan bagikan
  • AdaniConneX akan menyediakan rangkaian lengkap solusi pusat data di India, dari fasilitas-fasilitas Hyperscale Campuses hingga Hyperlocal Edge, dengan memanfaatkan keahlian global EdgeConneX.
  • Usaha patungan ini segera menghadirkan berbagai solusi pusat data bermutu tinggi dan berkelanjutan, mengandalkan keahlian Adani dalam full-stack energy management, energi terbarukan, real estat, dan pengalamannya dalam mengelola proyek-proyek infrastruktur berskala besar.
  • EdgeConneX, sebagai penyedia pusat data global yang terkemuka dan berorientasi teknologi, serta memiliki 50 fasilitas di lebih dari 30 pasar, akan menyumbangkan keahliannya dalam pembangunan dan pengelolaan pusat data di seluruh dunia.
  • Usaha patungan ini akan membangun jaringan pusat data hyperscale di India, mulai dari Chennai, Navi Mumbai, Noida, Vizag dan Hyderabad. Tahap pengembangan dan konstruksi di lokasi-lokasi ini telah dimulai.

VISI.NEWSAdani Enterprises, perusahaan andalan Adani Group, salah satu grup usaha terbesar di India yang mengembangkan berbagai proyek infrastruktur, dan EdgeConneX, operator pusat data yang terkemuka di dunia, memiliki 50 fasilitas di 30 pasar di seluruh dunia, pada hari ini Rabu (24/2/2021) mendirikan usaha patungan dengan kepemilikan 50:50. Usaha patungan tersebut akan mengembangkan dan mengelola berbagai pusat data di India dengan mengandalkan keahlian dan kemampuan kedua pihak. Demi memenuhi lonjakan kebutuhan infrastruktur TI yang bermutu tinggi dan andal, kedua pihak berkomitmen untuk menanamkan investasi modal kerja bernilai besar dalam usaha patungan tersebut selama satu dekade ke depan. Tujuannya adalah membangun platform pusat data terkemuka dan ramah lingkungan di India.

Selain pusat data berskala luas, AdaniConneX juga kelak mengembangkan portofolio pusat data Edge yang terletak secara strategis di India. Pusat data Edge ini akan mendukung kapasitas yang lebih sesuai. Lokasi-lokasi Edge ini juga dirancang dan direncanakan agar skalanya mudah ditingkatkan sesuai tingkat permintaan, serta menjadi lokasi pusat data berskala luas. Lebih penting lagi, platform pusat data hyperscale dan hyperlocal pan-India tersebut akan memanfaatkan energi terbarukan.

Sebagai vendor tepercaya untuk solusi pusat data bagi beberapa penyedia jasa terbesar dengan standar terketat, EdgeConneX menguasai keahlian lengkap dalam pusat data, dan solusi-solusi teknologi yang terdepan di industri.

“Adani menjadi mitra ideal kami di India,” kata Randy Brouckman, CEO,  EdgeConneX dalam rilis yang diterima VISI.NEWS, Rabu (24/2/2021) petang. “Adani menguasai berbagai kapabilitas yang diperlukan dan keahlian unik di India untuk membangun infrastruktur digital yang berperan penting. Adani juga menawarkan dukungan terbaik bagi para klien di seluruh India. Kami ingin berinvestasi dalam ekonomi digital India, dan memenuhi beragam kebutuhan klien melalui kolaborasi yang terjalin dengan Adani”.

Kemitraan ini, katanya, akan memanfaatkan keahlian Adani dalam full-stack energy management, energi terbarukan, dan pengembangan real estat, serta pengalamannya dalam membangun dan mengelola proyek-proyek infrastruktur berskala besar di India.

“Salah satu wujud dari visi Perdana Menteri India adalah kecepatan koneksi internet bagi seluruh penduduk India, dan pertumbuhan konsumsi data yang pesat serta berkelanjutan,” ujar Gautam AdaniChairman, Adani Group. “India saat ini merupakan salah satu negara dengan jumlah pelanggan data yang terbesar di dunia, dan India perlu memenuhi kebutuhan akan infrastruktur yang andal guna mendukung Cloud, Konten, Jaringan, IoT, 5G, AI, serta kebutuhan korporat. Pusat data menjadi infrastruktur dasar yang diperlukan sebuah negara. Untuk itu, Adani Group memberikan perpaduan unik dari energi ramah lingkungan, keahlian real estat, dan akses terhadap stasiun kabel bawah laut, serta beberapa node di India yang kelak menjadi lokasi edge. Selain keahlian industri dan teknologi mutakhir EdgeConneX dalam bisnis pusat data, kami sangat terkesan dengan kegesitan mereka saat mendirikan usaha patungan ini”.

Usaha patungan AdaniConneX, katanya, akan berfokus untuk membangun jaringan pusat data hyperscale di India, mulai dari Chennai, Navi Mumbai, Noida, Vizag dan Hyderabad. Tahap pengembangan dan konstruksi di lokasi-lokasi ini telah dimulai.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPU Kendal Gelar Workshop Media Center Pilkada

Rab Feb 24 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal mengadakan Workshop Media Center Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal tahun 2020 bersama para jurnalis yang ada di Kendal, Rabu, (24/02/21). Acara yang digelar di salah satu rumah makan di Jalan Seokarno-Hatta Kendal tersebut dipimpin oleh para Komisioner KPU Kendal tanpa […]