KNKT Mulai Melakukan Investigasi Penyebab Tabrakan Kereta Api di Cicalengka

Editor Tim gabungan sedang melakukan evakuasi gerbong kereta api yang mengalami kecelakaan pada Jumat (5/1/2024) di Cicalengka, Kabupaten Bandung. /visi.news/instagram
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | CICALENGKA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah mengirimkan tim untuk melakukan investigasi terkait tabrakan kereta api Turangga dan kereta api lokal Bandung Raya (Baraya) di petak Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, pada Minggu (7/1/2024) sore. Tabrakan tersebut mengakibatkan 4 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan bahwa tim investigasi akan melakukan wawancara dengan para saksi, petugas, dan masinis, serta mengumpulkan data dari black box, rekaman CCTV, dan dokumen terkait. Tim juga akan memeriksa kondisi infrastruktur, peralatan, dan prosedur operasional kereta api.

“Kami akan mencari tahu apa penyebab pasti tabrakan ini, apakah ada faktor manusia, teknis, atau lingkungan yang berperan. Kami juga akan memberikan rekomendasi untuk mencegah kejadian serupa di masa depan,” ujar Soerjanto, Minggu (7/1/2024).

Soerjanto menambahkan bahwa investigasi KNKT bersifat independen dan tidak bermaksud untuk menyalahkan pihak manapun. Ia berharap kerja sama dari semua pihak yang terkait, termasuk PT KAI, Kementerian Perhubungan, dan kepolisian.

“Kami berharap investigasi ini dapat selesai paling lama dalam waktu tiga bulan. Kami akan menyampaikan hasilnya kepada publik secara transparan dan akuntabel,” tutur Soerjanto.

@mpa

Baca Juga :  Merek Gaming Philips, Evnia, Meluncurkan Monitor Immersive Baru

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pomdam V/Brw Dalami Dugaan Prajurit TNI AD  Terlibat Penggelapan Ranmor

Ming Jan 7 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Pomdam V/Brw masih memproses dan mendalami keterlibatan oknum prajurit TNI AD yang diduga terlibat penggelapan Ranmor tsb. Ada 3 oknum Prajurit dari Puziad dan Puspalad yang saat ini diperiksa di Pomdam V/Brw yaitu Kopda AS, Praka J (Puspalad) dan Mayor BP (Pusziad). Ketiga oknum tersebut […]