Lagu “Bapak” dari Didi Kempot Dialihbahasakan ke Bahasa Arab oleh KH Said Agil

Editor Lagu "Bapak" dari Didi Kempot dialihbahasakan ke bahasa Arab oleh KH Said Agil./visi.news/antara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Lagu “Bapak” dari maestro campursari Didi Kempot diterjemahkan ke dalam bahasa Arab oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siroj.

Lagu yang diterjemahkan menjadi “Ya Abataah” ini kemudian dinyanyikan oleh Wafiq Azizah. Proses produksi lagu “Ya Abataah” dikerjakan oleh tim NUPro Management dan telah diunggah di Youtube NU PRO.

Wafiq Azizah adalah bintang tamu dalam konser Akbar Ambyar di Boyolali yang menyanyikan lagu “Bapak”. Menurut Said, lagu ini nyaris tak diselesaikan Didi Kempot karena maknanya yang sangat dalam.

Said menuturkan, keputusan untuk menerjemahkan lagu “Bapak” dan memilih Wafiq sebagai penyanyi untuk versi bahasa Arab merupakan permintaan langsung dari Didi Kempot yang disampaikan kepada Said.

“Sampai Mas Didi meninggal, saya belum bisa menyelesaikan amanah ini sehingga ketika dirilis, ini membayar hutang saya kepada Mas Didi Kempot,” kata Said dalam keterangan resmi, Rabu (10/6), seperti dilansir Antara.

Kiai Said mengungkapkan, ada beberapa renungan yang muncul saat menerjemahkan lagu Didi Kempot. Said mengatakan, syair “Bapak” dari almarhum Didi Kempot merupakan renungan yang dalam.

“Seorang Ayah merupakan wakil dari Allah, yang berfungsi tarbiyah (mendidik, mengajar). Allah itu Rabbul ‘alamiin, Rabbunnas, Rabbul aulaad,”

“Allah itu yang menciptakan manusia, menciptakan anak. Nah, ayah ini, merupakan murabbi, yang memelihara, yang menindaklanjuti, apa yang telah diciptakan oleh Allah.”

Ia melanjutkan, seorang ayah juga bertanggung jawab dalam proses mendidik dan mengajar anak. Seorang ayah meneruskan dan menyempurnakan apa potensi yang telah diberikan oleh Sang Maha Kuasa kepada buah hatinya.

“Saya lihat, syair-syair yang dilantunkan oleh Didi Kempot ini, sangat merdu. Dengan kesederhanaannya, dengan struktur kata-kata syairnya, dengan konten yang sangat bernilai, maka mudah-mudahan saya mendorong kepada para pendengarnya untuk ingat kepada Allah, zikir kepada Allah, dari hatinya yang tulus, dari jiwanya yang tulus,” ujar dia.

Baca Juga :  Puluhan Pelajar dan Anarko Diamankan Sebelum Menyusup ke Demo Mahasiswa di Solo

Dia berharap lagu “Bapak” bisa menjadi inspirasi. Dengan diterjemahkan ke bahasa lain, ia ingin lagu “Bapak” bisa dipahami kalangan yang lebih luas, termasuk santri dan komunitas muslim di negara berbahasa Arab.

“Mudah-mudahan, menjadi motivasi agar Bapak-Bapak semua menjadi Bapak yang bertanggung jawab pada anak-anaknya, baik urusan maisyah, nafaqah maupun urusan pendidikan.” @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Corona 10 Juni: 34.316 Positif, 12.129 Sembuh

Rab Jun 10 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia hingga Rabu (10/6), mencapai 34.316 kasus. Dari jumlah tersebut, pasien yang dinyatakan sembuh 12.129 orang dan 1.959 orang lainnya meninggal dunia. “Kasus konfirmasi virus corona hari ini 1.241 sehingga totalnya jadi 34.316,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam […]