Lahan Kosong di Bantaran Sungai Citarum Bakal Dibangun Sarana Olahraga dan Taman Edukasi

Serka Aat sedang meninjau lokasi lahan kosong yang akan dibangun taman olahraga di kawasan DAS (daerah aliran sungai) Citarum, belum lama ini./visi.news/budimantara.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Lahan kosong di bantaran Sungai Citarum Kampung Patrol, Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, bakal ditata menjadi kawasan hijau, yaitu dibuat taman dan sarana olahraga.

Sarana-sarana olah raga itu seperti lapangan bola voli, bola basket, dan fasilitas olahraga lainnya. Bahkan direncanakan akan dibangun taman berbasis edukasi.

Penataan taman itu merupakan inisiatif Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya yang bersinergi dengan Pemerintah Desa Sukamaju yang saat ini sedang fokus pada penanganan percepatan perbaikan lingkungan.

Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Subpos Desa Majasetra Serka Aat Solehudin dan Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Subpos Desa Majalaya dan Desa Sukamaju Sertu Muhidin serta Kepala Desa Sukamaju Acep Handana, telah melakukan peninjauan ke lapangan untuk merancang konsep penataan taman, Rabu (15/7).

Pemantauan VISI.NEWS di lokasi yang akan ditata itu sudah mulai dibuat kolam ikan untuk pengecekan baku mutu air yang dibuang sejumlah pabrik tekstil di Desa Sukamaju itu.

Serka Aat Solehudin didampingi Sertu Muhidin dan Acep Handana mengatakan, penataan taman olahraga itu seiring dengan rencana percepatan pengecoran jalan inspeksi di bantaran Sungai Citarum yang ada di sekitar taman olahraga tersebut.

Serka Aat mengatakan, taman olahraga itu memanfaatkan lahan kosong yang masih termasuk kawasan Daerah Aliran Sungai Citarum dengan panjang sekitar 100 meter dan lebar 10-15 meter.

Lahan kosong itu berada di antara lahan pertanian padi dan bagian bantaran sungai. Ada yang ditanami tanaman palawija sehingga bisa dimanfaatkan warga untuk bersantai sambil menikmati alam terbuka.

“Selain akan dibangun sarana olahraga, kita juga akan membuat tempat terapi kesehatan kaki yang terbuat dari batu,” katanya.

Dikatakan Serka Aat jika jalan inspeksi Sungai Citarum sudah selesai dicor, bisa dimanfaatkan warga untuk joging track sepanjang 800 meter.

“Sarananya sangat mendukung untuk kegiatan olahraga warga dalam menjaga kesehatan,” katanya.

Serka Aat berharap, fasilitas taman olahraga itu bisa menjadi sarana edukasi, menjaga kelestarian lingkungan, khususnya aliran Sungai Citarum yang menjadi sasaran program kerja Satgas Citarum Harum Harum.

“Alhamdulillah belakangan ini, sejumlah warga sudah menikmati aliran air Sungai Citarum yang mulai terlihat bersih. Tiga tahun lalu, air Sungai Citarum terlihat kotor tercemar limbah cair pabrik tekstil. Anak-anak malah ada yang ‘ngojay’ di Sungai Citarum. Termasuk ada yang cuci pakaian. Bahkan ada warga yang mulai mencari ikan,” kata Serka Aat, semringah. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Seni Reog Mendapat Sambutan Terbaik di Acara GEWB

Jum Jul 17 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Dari sejumlah pengisi acara Gebyar Expo Wisata Budaya (GEWB), seni reog Gentra Saluyu yang paling mendapat sambutan hangat penonton. Ratusan pasang mata sepertinya tertuju pada seni reog pimpinan Kang Prabu ini. Bahkan, para personelnya yang masih sekolah, terbilang sudah pintar-pintar dalam menyuguhkan improvisasi lawakannya. Tak heran […]