Langkah-langkah Penting dalam Mencegah Diabetes pada Anak dan Remaja: Sebuah Panduan untuk Orang Tua

Editor ilustrasi foto pencegahan anak diabetes. /visi.news /@siloam hospitals
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pengelolaan Diabetes pada Anak dan Remaja: Menurut Prof. Dr. dr. Aman B. Pulungan, SpA (K), Project Lead Changing Diabetes in Children (CDiC), prevalensi diabetes tipe 1 pada anak dan remaja di Indonesia terus meningkat. Di tahun 2000, prevalensi diabetes tipe 1 pada anak dan remaja berusia di bawah 18 tahun adalah 0,004/100.000. Angka ini naik menjadi 0,028/100.000 di tahun 2010 dan mencapai 2/100.000 di tahun 2023. Untuk pengelolaan diabetes pada anak dan remaja, perlu dilakukan aktivitas fisik minimal 60 menit per hari dan kombinasi aerobik, penguatan otot, serta penguatan tulang.

Nutrisi dan Aktivitas Fisik: Nutrisi yang diperoleh anak harus seimbang. Distribusinya, 40-50 persen karbohidrat, lemak di bawah 35 persen, dan proteinnya 15-20 persen. Pola makan yang sehat ini harus diiringi oleh aktivitas fisik yang cukup.

Penyebab Diabetes pada Anak dan Cara Mencegahnya: Biasakan anak makan makanan yang mengandung lemak sehat, mengonsumsi karbohidrat tinggi serat, serta makan buah dan sayur di setiap sesi makan. Batasi makanan dan minuman manis, seperti susu dengan pemanis, soda, jus, es teh, es krim, aneka kue, biskuit, dll.

Diabetes Bisa Menyerang Remaja, Simak Cara Pencegahannya!: Direktur RSU PKU Muhammadiyah Prambanan Dien Kalbu Ady mengatakan bahwa penyakit diabetes pada remaja di Indonesia terus mengalami peningkatan. Bahkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, kasus diabetes pada remaja di Indonesia meningkat hingga lebih dari 1.000 kasus.

Penyebab Diabetes Menyerang Anak, Begini Cara Mencegahnya: Minum lebih banyak air dan lebih sedikit konsumsi minuman manis. Konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dalam makanan sehari-hari. Orangtua harus mendorong anak-anak mereka untuk menjadi aktif secara fisik dan memastikan bahwa mereka berolahraga secara teratur atau melakukan beberapa aktivitas fisik.

Baca Juga :  Timnas Indonesia Raih Poin Pertama, Ketum PSSI: Harus Kita Syukuri

@rizalkoswara

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bripda Gaby, Polwan Sidoarjo Juara Karate Internasional

Ming Jun 9 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SIDOARJO – Dalam ajang Mageti Open International Karate Championship 2024, akhir Mei 2024 lalu di Magetan, Jawa Timur, salah satu peserta kategori kelas bebas TNI-Polri mampu mencuri perhatian. Hingga dapat mengukir prestasi membanggakan di bidang olahraga beladiri karate. Peserta tersebut merupakan Polisi Wanita (Polwan) dari Sat Samapta […]