Memasuki Usia Lansia, Siapa Takut?

Editor :


Silahkan bagikan

Oleh H Son Eswandy

VISI.NEWS – Rasulullah Saw bersabda, khairunnas anfa’uhum linnas.

Artinya, Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak memberi manfaat bagi orang lain. (HR.Bukhari).

Jika Tuhan menghendaki, akhirnya perjalanan hidup seorang manusia akan sampai pada masa usia senja.
Masa yang dianggap oleh sebagian besar orang sebagai saat-saat untuk beristirahat, menghabiskan waktu bersama dengan anak dan cucu, maupun untuk menyenangkan diri sendiri.

Tua itu Anugerah 

Jangan takut dan gelisah menjadi tua karena tua itu suatu kepastian. menjadi tua bukan hukuman. karena tua itu ‘anugrah’ terindah dari Allah Swt .

Bersyukurlah kita merasakan tua hidup di usia senja, karena banyak mereka yang mati muda tidak merasakan hari tua.

Kita merasakan tua, karena kita diberikan kesempatan untuk bertobat dan banyak membawa bekal.

Umumnya orang yang sudah mulai memasuki usia senja akan mengalami penurunan aktivitas dan vitalitas tubuh. Itu sebabnya, tidak jarang mulai muncul masalah karena perubahan-perubahan kondisi tersebut.

Untuk itu di umur kita yang senja ini marilah kita berjuang dan berusaha untuk mejadi lansia yang tangguh dan hidup kita senantiasa bermanfaat bagi orang lain.

Lansia yang tangguh adalah lansia yang sehat secara fisik dan mental melalui siklus hidupnya, aktif, produktif dan mandiri sehingga tetap bermartabat sepanjang hayat.

Memasuki masa lansia bukanlah sesuatu yang menakutkan jika kita memasukinya bersama keridoan Tuhan. Walau sudah lanjut usia, kita masih dapat bersuka cita dan hidup berkah dihadapan Allah SWT.

Walaupun kita sudah meninggal dunia kehidupan akan berlanjut di alam fana bersama Allah swt.

Memang diakui masa masa lansia terlebih dengan adanya yang meninggal dunia pasangan dari lansia tersebut meninggalkan kesan keputusasaan dari lansia yang mengakibatkan timbul penyakit depresi atau stress berat.

Baca Juga :  AHY Minta Kemenkumham Tolak Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan

Depressi pada lansia adalah gangguan suasana perasaan yang ditandai dengan hilangnya minat dan tenaga dan perasaan yang sedih, tidak bergairah, hilangnya harapan dan pandangan pesimis tentang masa depan.

Ayo para lansia tetap semangat….

Hidup sehat adalah pilihan. Tua berguna dan berkualitas serta tetap aktif di usia senja. Selamat Hari Lanjut Usia Nasional – HALUN- Ke 25 Tgl 29 Mei 2021.

(Penulis, humas LLI Sumsel)

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

WhatsApp Blokir Wartawan Berbasis di Gaza yang Masuk WAG Hamas

Sel Mei 25 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Beberapa jam setelah gencatan senjata berlaku di Jalur Gaza, sejumlah jurnalis Palestina di daerah kantong pantai menemukan bahwa akun media sosial mereka diblokir untuk mengakses pesan WhatsApp – alat penting yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sumber, editor, dan dunia di luar yang diblokade. Associated Press menjangkau 17 […]