MGP Resmi Laporkan Bappeda ke Kejaksaan Negeri

Editor Surat Bukti melaporkan ke kejaksaan negeri oleh MGP./visi.news/ki agus.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ormas Manggala Garuda Putih (MGP), Senin (9/8/2021), resmi melaporkan indikasi penyalahgunaan anggaran belanja langsung Bappeda Kab. Bandung tahun 2021 sebesar Rp 11.240.512.045,23 ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung.

MGP meminta kepada kejari segera melakukan penyelidikan hukum terkait adanya laporan pengaduan awal dan penemuan di Bappeda tersebut sebagai penanggung jawab pelaksanaan kegiatan.

“Segera membentuk tim pencari fakta untuk melakukan penyelidikan sesuai dengan kewenangannya, dengan alasan diduga setiap mata anggaran tidak tepat sasaran karena Bappeda terkesan tidak transparan,” ujar Ketua Bidang Investigasi MGP, Agus Satria.

Dia mengharapkan segera ada tindak lanjut dari laporan yang diserahkan. Menerapkan hukum sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan dengan tetap konsisten terhadap setiap orang yang diduga melakukan tindak pidana KKN.

“Tindak setiap kejahatan KKN dengan tegas tanpa tebang pilih,” katanya melalui telepon, Selasa (10/8/2021).

Dia menjabarkan, dengan adanya item anggaran yang tertuliskan di DPA akan memungkinkan menjadi peluang untuk melakukan tindak pidana korupsi, pasalnya ada item anggaran dengan kondisi sekarang, banyaknya ASN yang WFH dengan kesimpulan DPA tersebut tidak mungkin bisa direalisasikan.

Salah contoh, dia menjelaskan, perihal anggaran perjalanan dinas, belanja pakai habis dan lain lain , sedangkan keberadaan ASN banyak yang melaksanakan WFH semenjak Covid 19 mewabah dari tahun 2020.

“Sebagai bahan pengusutan dan penyelidikan awal kami lampirkan satu bundel DPA Bappeda Kabupaten Bandung demi menghindari terjadinya kerugian uang negara,” ujar dia.

Ketua DPC MGP Kabupaten Bandung, Robby Anbia Somantri, menegaskan, APH harus bisa bersikap tegas dengan mengimplementasikan kewenangannya sebagai penegak hukum.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak kejaksaan. Jadi masalah ini harus segera ditindaklanjuti agar bisa menyelamatkan uang negara,” pungkas Robby. @qia

Baca Juga :  Ketua Gapensi: 10 Tahun Mendampingi Dadang M. Naser, Torehkan Catatan Tersendiri

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

MAUNG BANDUNG: Sebagian Besar Pemain Sudah Kembali

Sel Agu 10 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pelatih Persib Robert Rene Alberts memastikan semua pemainnya yang berada di Indonesia saat ini sudah tiba di Bandung dalam rangka mempersiapkan diri jelang Liga 1. “Semua pemain sudah kembali ke Bandung, kecuali tiga pemain yang berada di luar negeri,” ujar Robert dikutip Antara dari wawancara virtual, Senin (9/8/2021). […]