Napak Tilas "Gedong Cai Tjibadak" (1): Situs Warisan Karuhun yang Butuh Perhatian

Editor "Waterleiding Tjibadak" dibangun 1921./visi.news/istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pada tahun 1920 – 1923,
Gemeente Bandung memelihara mata air di kawasan Bandung Utara dengan membuatkan benteng pelindung sumber mata air.
Benteng ini kemudian diresmikan oleh Bertus Coops, Wali Kota ke-6 Bandung pada tahun 1921. Hingga saat ini benteng tersebut masih kokoh berdiri dan pipa-pipa saluran air masih ada serta digunakan sebagai alat instalasi saluran pembagian air di Kota Bandung.
“Waterleiding Tjibadak” ini dikelilingi sejumlah pohon di antaranya aren, jambu, mahoni, dan tanaman keras yang membuat tempat arsi dan alami. Dahulu ,1921, di sekitaran area Waterleiding Tjibadak banyak pohon yang menjulang tinggi berusia puluhan tahun.
Kini tempat penampungan air terbesar di Kota Bandung itu terletak di kawasan Ledeng tepatnya di Cidadapgirang/Babakan RT 05/RW 04, Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.
Sayang, kini kondisinya memperihatinkan sehingga perlu penanganan oleh pemerintah baik Kota Bandung maupun Provinsi Jawa Barat.
Menelusuri riwayat “Gedong Cai Tjibadak”, Ketua RT 05/RW 04, Kelurahan Ledeng, Suherlan mengatakan, tempat penampungan air ini merupakan simbol urban sebuah kota.
Tempat ini, kata Suherlan, merupakan situs karuhun yang dijaga secara turun-temurun yaitu dijaga kelestariannya demi kelangsungan hidup anak cucu di kemudian hari.
“Ini penting dilakukan guna mempertahankan warisan nenek moyan leluhur dahulu. Oleh karena itu, situs ini harus dirawat dan dilestarikan dan butuh keseriusan dari pemerintah dalam penanganannya,” tegas Suherlan kepada VISI.NEWS di kediamannya, Jumat (21/8).
Menurut Suherlan, “Gedong Cai Tjibadak” merupakan sebuah sumber air terbesar yang dimiliki Kota Bandung dan sekitarnya. Saat itu, proses penggalian tanah dilakukan sendiri oleh tokoh masyarakat bernama Ki Mang Abay atas inisiasi Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1921 silam. (bersambung) @yusup supriatna

Baca Juga :  Terobosan Hisense dalam Teknologi Cip Kualitas Gambar "8K AI" Menggerakkan Industri Layar Global

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Alhamdulillah Senin, Insentif Petugas Pemulasaraan Jenazah Covid-19 di Tasikmalaya Cair

Jum Agu 21 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kisruh terkait dana insentif bagi petugas instalasi pemulasaraan jenazah Covid-19 RSUD dr. Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, akhirnya akan diselesaikan Senin (24/8). Hal tersebut setelah Dinas Kesehatan melakukan rapat dengan jajaran Direksi RSUD dr. Soekardjo. Hasil rapat, ada kesanggupan pihak RSUD untuk segera membayarkan dana insentif. Kepala […]