Nasihat dan Memetik Hikmah dari Batalnya Ibadah Haji

Editor Ilustrasi: Ustaz Mahfud Said mengajak umat Islam untuk mengambil hikmah dari batalnya keberangkatan jemaah haji 2020 karena pandemi virus corona./afp/bandar al-dandani.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Indonesia memutuskan membatalkan keberangkatan jemaah haji 2020 ke Arab Saudi karena pandemi virus corona (Covid-19). Jemaah haji yang batal berangkat tak perlu bersedih hati karena ada sejumlah hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik dari kondisi ini.

“Meskipun sekilas ini merugikan kita karena tidak bisa menjalankan umrah dan haji, tapi pasti ada hikmahnya yang sangat luar biasa,” kata ustaz Mahfud Said, Selasa (6/2), seperti dilansir CNNIndonesia.

Ustaz Mahfud bercerita bahwa batalnya ibadah haji tahun ini pernah pula terjadi pada zaman Nabi Muhammad saw. Rasulullah dan kaum muslim batal menjalankan ibadah umrah karena tertahan di Hudaibiyah pada tahun ke-6 Hijriah. Perjanjian Hudaibiyah melarang umat Islam umrah di tahun itu.

Meski terlihat sebagai kerugian bagi umat Islam untuk menjalankan rukun Islam ke-lima ini, hikmah di balik batalnya umrah ini adalah kemenangan bagi umat Islam. Setelah peristiwa itu, Allah SWT memberikan kemenangan bagi kaum muslim pada waktu itu.

“Sekilas perjanjian ini sangat merugikan Nabi dan kaum muslim. Namun, justru dengan perjanjian Hudaibiyah ini kaum muslim mendapatkan kemenangan telak. Dan kemudian hari kemenangan benar-benar terjadi sebagaimana janji Allah SWT dalam surat Al Fath,” kata Ustaz Mahfud.

Sama seperti peristiwa Hudaibiyah itu, pembatalan ibadah haji 2020 juga mesti dimaknai dengan berbaik sangka. Allah SWT telah menyiapkan rencana yang terbaik untuk umat-Nya.

“Nasihat untuk jemaah yang batal haji tahun ini. Menyadur ayat Alquran, bisa jadi batalnya haji tahun ini tidak menyenangkan buat jemaah, tetapi ini adalah yang terbaik menurut Allah SWT. Selalu-lah berprasangka baik kepada Allah SWT,” tutur Ustaz Mahfud.

Sesuai dengan sabda Rasulullah prasangka baik menjadikan kebaikan dan kebahagiaan. @fen

Baca Juga :  Penjelasan LAPAN Mengapa 1 Zulhijah Bertepatan 11 Juli

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Corona di Indonesia 2 Juni: 27.549 Positif, 1.663 Meninggal, 7.935 Sembuh

Sel Jun 2 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pasien positif virus corona di Indonesia masih bertambah. Per Selasa (2/6) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif bertambah 609 orang sehingga total kini ada 27.549 terjangkit corona. “Total (pasien positif) menjadi 27.549,” kata juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (2/6), seperti dilansir kumparan.com. Jumlah […]