Ngantuk? Bukan Hanya Kopi yang Bisa Menghilangkannya, Tapi Begini Caranya

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Ngantuk sering menjadi masalah yang mengganggu produktivitas dan kesehatan. Banyak orang yang mengandalkan kopi atau minuman berkafein lainnya untuk mengusir rasa kantuk. Namun, ternyata ada cara-cara lain yang lebih efektif dan aman untuk menghilangkan ngantuk. Apa saja?

Penyebab Ngantuk

Sebelum membahas cara menghilangkan ngantuk, ada baiknya kita mengetahui apa saja penyebab ngantuk. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan ngantuk:

– Kurang tidur atau terlalu banyak tidur
– Stres dan depresi
– Dehidrasi
– Konsumsi kafein atau alkohol berlebihan
– Jarang bergerak
– Efek samping obat-obatan tertentu
– Penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti anemia, diabetes, sleep apnea, dan malnutrisi

Cara Menghilangkan Ngantuk

Setelah mengetahui penyebab ngantuk, kita bisa mencoba beberapa cara berikut untuk menghilangkan ngantuk:

  • Minum air putih ketika bangun tidur dan sepanjang hari. Air putih bisa membantu menghidrasi tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Melakukan olahraga secara teratur, terutama di pagi hari. Olahraga bisa meningkatkan energi, mood, dan kualitas tidur.
  • Sarapan secara rutin dengan makanan bergizi tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein. Sarapan bisa memberi bahan bakar untuk tubuh dan otak.
  • Mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kewaspadaan, seperti cokelat hitam, kacang-kacangan, telur, dan yogurt. Hindari makanan yang bisa menyebabkan kantuk, seperti karbohidrat olahan, gula, dan junk food.
  • Tidur siang (power nap) selama 15-30 menit saat jam istirahat. Tidur siang bisa membantu menyegarkan pikiran dan tubuh. Jangan tidur terlalu lama atau terlalu dekat dengan waktu tidur malam.
  • Memberi penerangan yang cukup di ruangan. Cahaya alami atau buatan bisa membantu mengatur ritme sirkadian dan meningkatkan kewaspadaan. Hindari cahaya yang terlalu terang atau terlalu redup.
  • Mengganti tata letak barang-barang di meja kerja atau belajar. Hal ini bisa membantu merangsang otak dan mengurangi kebosanan. Coba juga untuk menghias meja dengan tanaman, foto, atau benda-benda yang bisa memberi semangat.
  • Mendengarkan musik yang bisa meningkatkan mood dan energi. Pilih musik yang sesuai dengan selera dan kegiatan. Bisa juga bernyanyi atau menari untuk mengeluarkan stres dan mengaktifkan otot-otot tubuh.
  • Mengunyah permen karet. Permen karet bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan mengurangi rasa kantuk. Pilih permen karet yang mengandung mint atau rasa segar lainnya.
  • Mengobrol dengan orang lain. Mengobrol bisa membantu mengalihkan perhatian dari rasa kantuk dan meningkatkan interaksi sosial. Bisa juga main tebak-tebakan, games, atau hal-hal yang bisa membuat tertawa.
Baca Juga :  Ace Hasan Apresiasi Kerja Keras SDM PKH

Kesimpulan

Ngantuk adalah hal yang wajar, tetapi jika terlalu sering dan mengganggu aktivitas, maka perlu diatasi dengan cara-cara yang tepat.

Selain kopi atau minuman berkafein, ada banyak cara lain yang bisa membantu menghilangkan ngantuk, seperti minum air putih, olahraga, sarapan, tidur siang, memberi penerangan, mendengarkan musik, mengunyah permen karet, dan mengobrol.

Jika ngantuk berlebihan tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Resmikan Gerai Perdana di Singapura, Miracle Coffee Kini Hadir di ArtScience Museum

Sel Des 12 , 2023
Silahkan bagikan Pembukaan ini sekaligus menjadi saksi peresmian The Miracle Lab yang didirikan oleh para peracik kopi lokal untuk sebagai bentuk kegiatan amal. Kafe ini meluncurkan menu makanan baru yang spesial dan menonjolkan cita rasa lokal. VISI.NEWS | JAKARTA – Miracle Coffee secara resmi telah menempati tempat baru di lobi […]