Pemerintah Desa Rancaekekkulon Salurkan BLT bagi 192 KPM

Warga Desa Rancaekekkulon penerima BLT, Sabtu(30/5)/visi.news./budimantara.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Desa Rancaekekkulon, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 192 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Pembagian BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) itu dilaksanakan di Aula Kantor Desa Rancaekekkulon, Sabtu (30/5).


Jajaran pemerintahan Desa Rancaekekkulon difoto bersama para Relawan Siaga Covid-19./visi.news/istimewa.

Hadir dalam kesempatan itu Camat Rancaekek Drs. Baban Banjar, Kapolsek Rancaekek Kompol. Imron Rosyadi, Danramil Koramil 2401/Rancaekek Kapten Inf Mamat Raidin, Kepala Desa Rancaekekkulon Wawan Kusnawan, Pendamping Desa Kecamatan Rancaekek Fera Diana, Ita Susanti, Ketua BPD Dudi Kuswandi, dan unsur pemerintah desa dan kecamatan lainnya.

Kepala Desa Rancaekekkulon Wawan Kusnawan mengatakan, besaran BLT ini Rp 600.000,- per bulan selama 3 bulan yang dialokasikan dari Dana Desa (DD) anggaran bulan April tahun 2020 kepada warga terdampak Covid-19.

BLT, kata Wawan, cukup disesuaikan dengan kebutuhan. Bila masih ada warga yang belum mendapatkan BLT, pemerintahan Desa Rancaekekkulon telah menyiapkan program Padat Karya Tunai Desa (PDT-D)

“Sama dari alokasi Dana Desa tahun 2020,” tandas Wawan kepada VISI.NEWS –, Sabtu (30/5).

Pendamping Desa Feta Dianana,Ita Susanti menambahkan, hitungan 3 bulan itu yakni bulan April, Mei, dan Juni.

“Saat ini kita berikan BLT untuk bulan April, sedangkan untuk bulan Mei dan Juni akan kita berikan pada bulan tersebut,” kata Ita.

Dia menjelaskan kriteria penerima yaitu masyarakat yang jelas-jelas kehilangan mata pencaharian.

“Misalnya sopir tidak bisa bekerja karena PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dan tidak punya tabungan. Tukang batu, kuli bangunan misalnya, yang tidak bisa bekerja dalam kondisi seperti ini, itu semua mereka berhak mendapatkan BLT Dana Desa,” ungkap Ita.

Kapolsek Rancaekek Kompol Imrom Rosyadi berharap dalam penyaluran BLT Dana Desa bersifat transparan seihngga pihaknya juga turut serta melakukan pengamanan untuk menjaga stabilitas kamtibmas.

Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan tidak panik serta tetap melakukan upaya pencegahan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Sementara Camat Rancaekek, Drs. Baban Banjar berharap BLT yang bersumber dari Dana Desa ini dapat meringankan beban perekonomian.

“Harapan saya semoga BLT ini dapat dipergunakan sebijak mungkin untuk membeli kebutuhan pokok,” harap Baban.

Baban pun menginformasikan kepada masyarakat bahwa PSBB di Kabupaten Bandung pada hari ini sudah dicabut.

“Namun kita harus memperhatikan protokol kesehatan dengan tetap wajib jaga jarak, memakai masker, dan cuci tangan,” ajak Baban. @bud

Fendy Sy Citrawarga

3 thoughts on “Pemerintah Desa Rancaekekkulon Salurkan BLT bagi 192 KPM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pilkada 2020 Mulai 15 Juni, Gubernur Minta KPU Jabar Inovatif di Tengah Pandemi

Sab Mei 30 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS– Gubernur Jawa Barat (Jabar),  Ridwan Kamil, mengadakan pertemuan via video conference dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat kemarin. Dalam pertemuan virtual tersebut, ia meminta KPU Jabar responsif dan inovatif di tengah pandemi covid-19. “Minggu lalu, Gugus Tugas Jabar diberi apresiasi sebagai […]