Pemkab Bandung Raih Penghargaan Tertinggi dalam Keterbukaan Informasi Publik

Silahkan bagikan
  • Budaya prestasi terus bergulir di Pemerintahan (Pemkab) Kabupaten Bandung, kali ini Diskominfo meraih penghargaan tertinggi dalam keterbukaan informasi. 

VISI.NEWS | BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Bandung kembali meraih prestasi gemilang, kali ini dengan memperoleh penghargaan tertinggi dalam keterbukaan informasi dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Barat. Acara penganugerahan ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Penjabat Gubernur Jawa Barat, Ketua Komisi Informasi RI Dr. Doni Sugiantoro, dan sejumlah bupati/walikota. Para kepala instansi vertikal Pemprov Jabar, Kepala OPD, dan Pimpinan BUMD Provinsi Jabar juga turut menghadiri acara tersebut.

Kabupaten Kandung, sebagai salah satu badan publik di Pemkab Bandung, meraih penghargaan sebagai badan publik “informatif” dalam keterbukaan informasi publik. Penghargaan ini didasarkan pada hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Jabar. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bandung, H. Yosef Nugraha, menerima penghargaan tersebut pada Kamis (30/11/2023).

Yosef menjelaskan bahwa predikat “informatif” merupakan kategori tertinggi dalam keterbukaan informasi publik, dengan nilai 90 hingga 100. Ini mencerminkan kemampuan Pemkab Bandung dalam mengelola informasi publik sesuai dengan kaidah UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Pentingnya keterbukaan informasi ini telah diakui sejak tahun 2020, dengan penghargaan yang diraih Pemkab Bandung secara berturut-turut.

“Penghargaan ini tentunya berkat kebijakan dari Pak Bupati yang banyak mendorong terbukanya ruang informasi bagi masyarakat. Juga, Pak Bupati sangat konsen untuk mengimplementasikan pentahelix, sehingga masyarakatnya merasakan keterbukaan informasi di Kabupaten Bandung,” ungkap Yosef.

Dengan harapan bahwa kualitas keterbukaan informasi publik yang “informatif” akan semakin meningkatkan kinerja pemerintah daerah, Yosef berfokus pada upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan mendorong partisipasi aktif dalam pembangunan. Semua ini diarahkan untuk mewujudkan visi Kabupaten Bandung yang lebih maju, dikenal sebagai Kabupaten Bandung Bedas.

Baca Juga :  Berhijab, Penampilan Eks Jaksa Pinangki Jadi Sorotan, Netizen : Semoga Bisa Hapal Al Quran

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Memulihkan Praktik Berkelanjutan, Inovasi Biogas Universitas Telkom untuk UMKM di Bandung

Kam Nov 30 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Tim Teletubbies dari Universitas Telkom telah mengukir prestasi dengan proyek inovatif berjudul “UMKM Clean Power: Implementasi Biogas sebagai Energi Terbarukan untuk UMKM di Bandung.” Proyek ini menjadi bagian dari Voice of Youth Challenge 2023, yang diselenggarakan oleh Danone Aqua dan Universitas Indonesia dalam kategori Pengelolaan […]