Pemungutan Suara Ulang Pilkades Rancaekekkulon Diagendakan 7 Februari 2021

Editor :
Bupati Bandung H Dadang M Naser (kanan) bersama Kasubag Administrasi Kewilayahan Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Bandung Edo (foto atas)./visinews/budimantara.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Kasubag Administrasi Kewilayahan Bagian Tata Pemerintahan Setda, Edo menyatakan, pemungutan suara ulang (PSU) pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) Rancaekekkulon, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, akan dilaksanakan pada 7 Februari 2021 mendatang dengan deadline pelaksanaan pada 14 Februari 2021.

Hal itu diungkapkan Edo kepada VISI.NEWS di ruang kerjanya, Kompleks Pemkab Soreang, setelah bertemu dengan Pemerintahan Kecamatan Rancaekek, panitia pemilihan kepala desa (P2KD), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), para calon kepala desa di Ruang Rapat Setda Pemerintah Kabupaten Bandung, Kamis (28/1/2021).

Sebelumnya, mereka telah bertemu dengan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser di rumah dinasnya di Soreang pada hari yang sama untuk membahas PSU pada Pilkades Rancaekekkulon tersebut.

“Teman-teman di Desa Rancaekekkulon, pelaksanaan PSU sesuai dengan proposal akan dilaksanakan pada 7 Februari 2021 dan kalau melenceng dari waktu deadline-nya dilaksanakan pada 14 Februari. Jadi, dalam pelaksanannya berpacu dengan waktu. Fungsi kami adalah mengecek kesiapan dari sisi teknis maupun keamanan di lapangan saat pelaksanaan PSU tersebut,” kata Edo.

Edo mengatakan, setelah mengadakan pertemuan dengan Bupati Bandung dan berbagai unsur terkait dalam pelaksanaan PSU pada Pilkades Rancaekekkulon itu, saat ini masuk dalam tahap perencanaan dan nantinya akan dilakukan evaluasi dari pertemuan tersebut.

“Pelaksanaan PSU itu berdasarkan hasil putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Pelaksanaan PSU Pilkades Rancaekekkulon itu di tempat pemungutan suara (TPS) 01 dengan daftar pemilih mencapai 1.200 orang lebih,” katanya.

Edo pun kembali mengatakan, pelaksanaan PSU Pilkades Rancaekekkulon yang diagendakan 7 Februari itu bertepatan dengan hari libur sesuai pada proposal pelaksanaan. Termasuk dalam Perbup juga dilaksanakan hari libur.

“Namun demikian, panitia harus memperhitungkan hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan PSU tersebut, baik surat suara, bilik suara, dan kesiapan pihak kecamatan, BPD, P2KD, selain Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bandung sebagai leading sektor atau punggawanya dalam kesiapan PSU pada Pilkades tersebut,” katanya.

Edo pun mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera mengecek ke lapangan kesiapan pelaksanaan PSU pada Pilkades Rancaekekkulon di TPS 01 tersebut, baik dari sisi teknis maupun keamanan saat pelaksanaan nanti.

“Dengan hari yang sudah ditentukan nanti, bisa berjalan dengan baik. Tetap dalam pelaksanannya berdasarkan pada peraturan perundang-undangan,” katanya.

Lebih lanjut Edo menuturkan, setelah ada kesiapan di lapangan nanti terkait pelaksanaan PSU Pilkades Rancaekekkulon itu, pihak kecamatan melaporkan ke Kabupaten Bandung. Kemudian dari pihak Pemkab Bandung mengecek ke lapangan, untuk melakukan verifikasi sejauh mana keabsahan yang dilaporkan pihak kecamatan.

“Sesuai ketentuan tinggal pelaksanaan,” katanya.

Edo pun berharap, pelaksanaan PSU di TPS 01 pada Pilkades Rancaekekkulon itu bisa dilaksanakan sebelum Bupati Bandung berakhir masa jabatannya. Pasalnya, persoalan ini terjadi di masa kepemimpinan Bupati Bandung H. Dadang M Naser.

“Yang jelas pelaksanaan PSU ini di satu TPS, yaitu di TPS 01,” ujarnya.

Karena pelaksanannya dalam kondisi pandemi Covid-19, ia menuturkan, harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) sehingga harus diusahakan tidak berkerumun.

“Untuk menghindari kerumunan, dalam pelaksanannya itu dibagi beberapa tempat. Tapi tetap PSU itu di satu TPS, yaitu TPS 01,” katanya.

Edo pun turut mengapresiasi masyarakat Desa Rancaekek yang mengikuti perkembangan dalam proses tahapan pelaksanaan PSU pada Pilkades Rancaekekkulon tersebut.

“Karena masyarakat juga ingin punya kepemimpinan kepala desa yang baru, yaitu kepala desa definitif dan saat ini dipimpin oleh penjabat Kepala Desa Rancaekekkulon,” ungkapnya. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Liga Inggris: Liverpool di Jalur Menang Lagi Setelah Hajar Tottenham

Jum Jan 29 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Liverpool akhirnya merasakan kemenangan lagi setelah menghajar tuan rumah Tottenham Hotspur dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Kamis waktu setempat (Jumat, 29/1/2021, WIB). Liverpool, yang sebelumnya melewati setidaknya 483 menit dalam keadaan paceklik gol, meraih kemenangan lewat gol-gol Roberto […]