Penerbangan dari Lanud Wiriadinata Tasik Malaya Bisa Layani Siang Malam

Editor Awak pesawat bersama Walikota dan Komandan Pangkalan TNI AU Wiriadinata difoto bersama. /visi.news/ayi kuraesin
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kabar gembira bagi masyarakat Tasikmalaya, khususnya pengguna jasa transportasi udara. Pasalnya, Pangkalan Udara (Lanud) Wiriadinata Kota Tasikmalaya, Jawa Barat berencana, bukan hanya melayani perjalanan siang namun kini melayani perjalanan malam. Selama ini Lanud Wiriadinata hanya melayani perjalanan siang saja.

“Kami berharap melayani perjalanan malam juga. Ini sudah diusulkan ke Kementrian perhubungan agar bisa menyediakan satu alat pendukung, agar Lanud Wiriadinata bisa dioperasikan untuk penerbangan di malam hari, ” kata Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman saat meninjau uji coba landing pesawat Hercules, di Lanud Wiriadinata kepada awak media, Senin (13/7) kemarin.

Menurutnya, yang menjadi kendala untuk penerbangan malam yakni kurangnya praaarana, seperti beberapa alat yang belum terpasang dan peraediaannyapun belum ada.

Sementara itu Budi mengakui, saat ini layanan penerbangan komersil belum bisa dioperasikan kembali, karena masih terkendala oleh situasi pandemi covid 19.

“Sekalipun secara teknis pihak maskapai siap, namun jumlah penumpang masih kurang dari kuota,” jelasnya.

Dijelaskannya, itulah yang membuat pihak maskapai merasa keberatan, karena dari sisi akupasi jumlah penumpang tidak menutupi biaya operasional.

“Kalau hanya mengangkut penumpang dibawah sepuluh orang, tentu berat bagi maskapai bila memaksakan beroperasi,” tuturnya.

Dikatakan Budi, kondisi pandemi Covid-19 secara nasional memang masih naik turun, sehingga untuk penerbangan baik antar kota, pulau ke pulau masih dianggap riskan.

“Jika pandemi Covid-19 sudah aman, dan akunpasi penumpangnya normal, minimal sudah 50 persen. Maka pihak maskapai siap beroperasi kembali,” katanya.

Sementara terkait uji coba landing pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara, berhasil mendarat dengan lancar. Uji coba tersebut sekaligus mencatat sejarah bagi Lanud Wiriadinata. Dan pertama kalinya bisa lepas landas pesawat hercules.

Baca Juga :  Wanita Penghina Polisi Saat Razia Prokes Jadi Tersangka

“Keberhasilan ini dicapai setelah melalui pembangunan perpanjangan landasan,” tambahnya lagi.

Perpanjangan landasan Lanud Wiriadinata, Kata Budi, memang agar sekaligus bisa didarati oleh pesawat komersil yang melayani beberapa rute oleh sejumlah maskapai.

“Dengan bisa landingnya hercules, artinya mobilisasi udara bisa lancar. Termasuk ketika dibutuhkan untuk memasok bantuan bencana. Sehingga bandara ini bisa multi manfaat,” ungkap Budi Budiman.

Sementara itu Komandan Pangkalan TNI AU Wiriadinata Tasikmalaya, Letnan Kolonel Nav Ali Sudirman Pasaribu, membenarkan bahwa baru kali pertama pesawat jenis Hercules C-130 bisa mendarat di Bandara Tasikmalaya.

Dijelaskan Nav Ali, selama tiga tahun sebelumnya dilakukan perpanjangan runway untuk memungkinkan pesawat lebih besar dari jenis ATR, bisa mendarat di Tasikmalaya.

Terlebih, tegasnya, tes landasan ini sebagai langkah antisipasi kemungkinan adanya bencana di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat demi memudahkan mobilisasi bantuan dari Pusat.

“Apa yang disampaikan oleh Pak Wali Kota Tasikmalaya, itu benar adanya. Bahwa wilayah Priangan Timur, Jabar, termasuk daerah rawan bencana,”ungkap Nav Ali.

Dikatakannya, ini adalah langkah antisipatif kita bersama untuk mencegah kemungkinan terjadinya bencana.

“Makanya, kita koordinasi dengan pihak Mabes TNI AU untuk melakukan tes landing di Bandara Wiriadinata,” pungkasnya.@akr

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolresta Bandung Berharap Desa Laksana Kec. Ibun Mampu Pertahankan Zero Covid-19

Sel Jul 14 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, SIK., berharap kepada jajaran Forkopimcam Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, para kepala desa dan masyarakat di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung untuk tetap mempertahankan wilayahnya sebagai zero virus corona atau Covid-19. Kapolresta Bandung mengungkapkan hal itu pada kesempatan launching “Lembur Tohaga Sabilulungan Mantap” […]