Penerima BLT di Desa Jelegong, Datang dan Pulang Wajib Cuci Tangan

Anen Rumdani, Kepala Desa Jelegong sedang menyerahkan BLT-DD kepada warga terdampak Covid-19, Sabtu (30/5)./visi.news/budimantara.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, telah mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Tercatat, ada 161 penerima BLT-DD di desa ini.

Acara pada Sabtu (30/5) dimulai pukul 14.00 dan dimonitoring oleh Pemerintah Kabupaten Bandung diwakili tim ahli DPMD Teja Jatnika dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Rancaekek. Juga hadir Camat Rancaekek Baban Banjar, Kapolsek Kompol Imrom Rosyadi, Danramil Koramil 2401/Rancaekek Kapten Inf. Mamat Raidin, Kepala Desa Jelegong Anen Rumdani bersama Sekretaris Desa, Kasi, Kaur dan didampingi oleh BPD, Babinkamtibmas, Babinsa, serta pendamping desa dan Relawan Siaga Covid-19.

Jajaran Forkopimcam Rancaekek dan pemerintahan Desa Jelegong difoto bersama dengan para Relawan Siaga Covid-19./visi.news/budimantara.

Acara ini juga mengedepankan protokol kesehatan. Sebelum memasuki area Balai Desa Jelegong penerima BLT diwajibkan cuci tangan, cek suhu tubuh, baru boleh masuk untuk verifikasi berkas , selanjutnya baru bisa mencairkan BLT. Pulang juga wajib cuci tangan lagi.

Kepala Desa Jelegong, Anen Rumdani mengatakan, BLT-DD bagi 161 keluarga penerima manfaat (KPM) masing-masing mendapatkan bantuan Rp 600 ribu per bulan dan diberikan selama tiga bulan, yaitu April, Mei, dan Juni.

Menurut Anen, pendataan KPM dilakukan berjenjang mulai RT, RW, dukuh, tokoh masyarakat dan dirapatkan di dusun masing-masing, baru kemudian dimusyawarahkan di tingkat desa.

Adapun syarat mendapatkan BLT yang bersumber dari Dana Desa tersebut yakni warga yang masuk kategori kurang mampu, mempunyai keluarga rentan penyakit/yang memiliki penyakit kronis, difabel, korban PHK dampak Covid 19, lansia, serta belum menerima bantuan apa pun baik dari APBN maupun APBD.

“BLT Dana Desa yang diterima khusus untuk membeli kebutuhan pokok atau kebutuhan sehari-hari lainnya. Harapan saya, bisa diirit sampai mendapatkan bantuan berikutnya. Semoga BLT ini bermanfaat,” harap Anen.

Sementara itu, Camat Rancaekek Baban Banjar mengatakan, pembagian BLT-DD dilaksanakan secara baik dan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Alhamdulillah semua bisa dilaksanakan dengan baik dan tertib serta mengedepankan protokol kesehatan, masyarakat tetap menggunakan masker, dan tidak terjadi kerumunan,” terang Baban.

Baban pun megatakan, di masa tanggap darurat Covid-19 kedisiplinan menjadi hal yang penting sebagai upaya nyata mencegah meluasnya paparan Covid-19. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kisah Mualafnya Aktor George Rudy, Dapat Hidayah Usai Perankan Adegan Salat

Sab Mei 30 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS –  Hidayah bagi setiap orang bisa datang kapan dan dimana saja ketika Sang Pencipta sudah memberi kehendak. Seperti yang dialami oleh aktor lawas, George Rudy. Sejalan dengan kariernya di dunia entertainment, Geroge Rudy mengungkap kisah spiritualnya menemukan keyakinan. Tak pernah disangka sebelumnya, salah satu adegan di sebuah film ternyata mampu […]