Pengukuran Arah Kiblat Dilaksanakan di Masjid-Masjid Bengkulu Utara

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KAB. BENGKULU – Pada Selasa, tanggal (9/7/2024), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustatri, S.Pd.I., M.Pd.I., melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Hamid Muhakkam, S.HI., M.HI., mengawasi pelaksanaan pengukuran arah kiblat di dua masjid utama wilayah tersebut. Kegiatan ini dilakukan di Masjid Baitul Iksan yang terletak di Desa Bintunan, Kecamatan Batik Nau, dan Masjid Jamik Al-Akbar di Kecamatan Lais.

Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menjelaskan bahwa kegiatan pengukuran ini dilakukan sesuai arahan langsung dari Dr. H. Nopian Gustatri untuk memastikan keakuratan arah kiblat. “Kalibrasi arah kiblat ini penting untuk memastikan bahwa arah solat umat Islam telah benar menghadap kiblat,” ujar Hamid Muhakkam.

Pengukuran arah kiblat di Masjid Baitul Iksan dan Masjid Jamik Al-Akbar dilakukan dengan menggunakan peralatan yang canggih dan terkalibrasi dengan baik. Langkah ini diambil untuk meminimalisir kesalahan dalam menentukan arah kiblat, yang merupakan salah satu prinsip fundamental dalam ibadah shalat.

Dr. H. Nopian Gustatri menegaskan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya Kementerian Agama untuk memastikan layanan kepada umat Islam dalam menjalankan ibadah dengan baik dan benar. Beliau berharap bahwa hasil pengukuran ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh jamaah di kedua masjid tersebut.

Selain memantau pelaksanaan pengukuran arah kiblat, Dr. H. Nopian Gustatri juga mengimbau agar seluruh panitia masjid dan jamaah aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk memastikan bahwa arah kiblat yang digunakan sesuai dengan ketentuan agama.

Kegiatan kalibrasi arah kiblat ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Kabupaten Bengkulu Utara untuk melakukan pengecekan secara berkala guna memastikan keakuratan arah kiblat yang digunakan dalam pelaksanaan ibadah shalat.

Baca Juga :  Pusat Astronomi Internasional Umumkan Idul Fitri Jatuh pada Hari Sabtu

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada umat Islam, Kementerian Agama terus melakukan berbagai langkah konkret seperti ini untuk mendukung kegiatan ibadah umat Islam di seluruh wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

@rizalkoswara

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasil Survei SMRC : Sahrul-Luthfi Unggul, Pemilih Calon Kepala Daerah Ingin Pasangan Anak Muda

Rab Jul 10 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Mendekati Pilkada Kabupaten Bandung 2024, simulasi pasangan calon bupati dan wakil bupati pun bermunculan, diantaranya simulasi yang di gelar oleh Saeful Mujani Reseach and Consulting (SMRC). Simulasi survei SMRC merilis, dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung, diantaranya, pasangan Sahrul Gunawan – M. Luthfi […]