Peringati Hari Jadi ke-73, FBN RI Gelar Rangkaian Kegiatan

Editor Pengurus Forum Bela Negara Republik Indonesia. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Forum Bela Negara Republik Indonesia (FBN-RI) Jawa Barat, pada Minggu dan Senin (19-20/12/2021) menggelar rangkaian acara Hari Bela Negara ke-73. Acara yang digelar di Gedung Indonesia Menggugat Jln. Perintis Kemerdekaan No. 5  dan Halaman Gedung Sate itu mengusung moto  “Kesadaran, Kebersamaan, dan Kekuatan untuk Jabar Juara”.

Presiden Republik Indonesia,  kata Wakil Ketua DPW. FBN-RI Provinsi Jawa Barat Drs. H. Darmawan, M.Si., menyerukan agar terus dikobarkan dan diimplementasikan sikap rela nerkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju. “Sebagai bangsa yang besar, Indonesia harus tampil sebagai pemenang. Indonesia harus optimis dan harus mampu menciptakan peluang ditengah kesulitan. Bangsa Indonesia harus mampu berinovasi dan karya nyata, dan mampu mewujudkan cita-cita luhur pendiri bangsa Indonesia,” kata Darmawan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dewan Pakar Prof.DR. Hari Setiadi, DR. Ir. Dede Farhan Aulawi, MM, CHT., Dr. Jorry Sam, Drs., Bc.Ak., M.Hum., Ph.D., Psikolog., Kolonel (Inf) Dr. Deden Koswara, M.Si., Dewan Penasehat, dan Seluruh Pengurus Pimpinan Wilayah dan Pengurus Pimpinan Daerah FBN-RI se-Jawa Barat.

Bela negara, kata Darmawan, merupakan sikap dan perilaku serta tindakan warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara RepubIik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Forum Bela Negara sebagai wadah kegiatan kader bela negara di pusat dan di daerah telah diatur secara khusus dalam Peraturan Kementerian Pertahanan RI Nomor 27 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Oleh karena itu proses pemeliharaan pengetahuan, sikap dan perilaku, serta keterampilan nela negara para kader bela negara, dilakukan melalui kegiatan silaturahmi dan/atau reuni kader bela negara yang diselenggarakan oleh FBN pusat dan daerah secara berkala,” kata Darmawan.

Baca Juga :  LAYAR SELEB: KPI Buka Suara Tayangan Nikah Rizky-Lesti 11,5 Jam

Pemberdayaan kader bela negara, katanya lebih lanjut, dilaksanakan agar para kader yang telah terwadahi dalam FBN, mampu terus mengembangkan daya atau potensi yang dimiliki, secara mandiri dan berkelanjutan dalam penyebarluasan nilai-nilai bela negara.

Hal lain dikemukakan oleh Darmawan, bahwa pelaksanaan pemberdayaan kader bela negara dilakukan melalui kerjasama yang dikukuhkan oleh kesepakatan kerja sama dengan lembaga pemerintah yang bertugas mengelola berbagai ancaman bangsa dan NKRI, serta yang mengelola berbagai peluang untuk memperkokoh ekonomi bangsa Indonesia.

Proses kerjasama/kesepakatan kerja sama FBN Jawa Barat dengan lembaga pemerintah difasilitasi oleh Kementerian Pertahanan dan Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat.

Rangkaian kegiatan Hari Bela Negara oleh FBN RI Pimpinan Wilayah Jawa Barat ini diakhiri dengan mengikuti kegiatan upacara peringatan hari bela negara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di halaman Gedung Sate Bandung pada Kamis 20 Desember 2021 pagi. @nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Kejar Target, Vaksinasi Akhir Pekan Intensif Digencarkan

Sen Des 20 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Guna percepatan pencapaian target vaksinasi Covid-19, Puskesmas Limpung mengintensifkan pelayanan vaksinasi akhir pekan. Kepala Puskesmas Limpung dr. Hendrawan Permadi menyampaikan pelayanan vaksinasi dilaksanakan seperti biasa. “Peserta vaksinasi datang dari seluruh desa se-Kecamatan Limpung, agar target pencapaian vaksinasi terpenuhi. Dan hari ini pelayanan seperti biasa khusus dosis pertama […]