Persiapan Mudik dan Lebaran 2022, Kepala BMKG Hadiri Raker dan RDP dengan Komisi V DPR RI

Editor Kepala BMKG menghadiri Raker dan RDP Komisi V DPR RI, memnahas persiapan dan pelaksanaan mudik Lebaran Tahun 2022./via bmkg.go.id/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Komisi V DPR-RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kepala BMKG, Kepala BNPP & Korlantas Polri dalam membahas persiapan dan pelaksanaan Lebaran Tahun 2022.

Pada kesempatan ini Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati memaparkan perihal ketersediaan informasi dan layanan cuaca yang dilakukan BMKG dalam rangka menjaga agar masyarakat dapat melakukan mudik dengan aman dan tenang.

Beberapa informasi yang disampaikan antara lain terkait informasi cuaca pada jalur transportasi darat terutama jalan tol yang juga disiapkan dengan aplikasi mobile InfoBMKG, informasi prakiraan cuaca untuk tempat ibadah dan pada saat Idulfitri, serta prakiraan cuaca pada tempat wisata.

Dalam memaksimalkan penyebaran informasi terutama saat mudik, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati juga berupaya agar dapat berkoordinasi dengan pengelola jalan tol.

“Barangkali dimungkinkan peringatan dini bisa ditayangkan pada layar yang berada di jalan tol untuk informasi jalan tol dan bukan hanya pada aplikasi mobile phone,” ujarnya dilansir dari laman bmkg.go.id.

Selain itu, Kepala BMKG juga turut memberikan peringatan terkait kondisi cuaca pancaroba dan cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia pada bulan April-Mei 2022 agar perlu kewaspadaan khusus, serta informasi terkait potensi kebakaran hutan dan lahan serta kondisi gelombang laut.

Terkait Diseminasi Informasi, Kepala BMKG menyampaikan ketersediaan informasi terkait MKG yang dapat diakses melalui media dan website BMKG. Adapun kesiapan peralatan oleh BMKG di berbagai wilayah indonesia termasuk distribusi Jaringan AWOS di bandara, Jaringan HF Radar (Radar Maritim), dan distribusi Jarigan AWS kapal dan rutenya.

Sebelum menutup pemaparan, Kepala BMKG juga menyampaikan untuk memperhatikan jalur evakuasi, sebab melihat beberapa waktu terakhir beberapa wilayah Indonesia mengalami gempa dan memungkinkan terjadi potensi gempa berpotensi tsunami di waktu berikutnya.

Baca Juga :  Bantu Korban Dampak Banjir Bandang, Personel Gabungan Diterjunkan Kelapangan

Dari hasil akhir rapat, Komisi V DPR-RI meminta untuk mengoptimalkan koordinasi dan sinergi lintas sektoral dalam persiapan dan pelaksanaan penyelenggaraan angkutan mudik Lebaran Tahun 2022. Selain itu, Komisi V DPR-RI juga meminta BMKG dan Basarnas agar meningkatkan sosialisasi informasi cuaca dan peringatan dini kepada masyarkat, serta memaksimalkan quick response time dalam upaya pertolongan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Masih Banyak Penghulu di Jabar yang Belum Memenuhi Kompetisi Dasar

Jum Apr 8 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Masih banyak penghulu di Jawa Barat yang belum memenuhi kompetensi dasar, seperti kemampuan membaca Al-Qur’an, pemahaman fikih munakahat, serta penguasaan pada teknologi informasi. Karena itulah dibutuhkan kajian-kajian yang dapat meningkatkan kapasitas para penghulu yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Demikian dikemukakan Subkoordinator […]