Peserta Banyuwangi Ethno Carnival 2024 Peragakan Kostum Bertema Geopark Ijen di Lorong Bambu Gesibu Blambangan

Editor Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024./visi.news./tangkapan layar BBI
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANYUWANGI – Peserta Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024 memperagakan kostum mereka di Lorong Bambu Gesibu Blambangan. Para peserta menampilkan kostum-kostum yang hampir rampung dengan tingkat kesiapan antara 80-95 persen. Penampilan mereka semakin menarik dengan riasan wajah yang memukau. Meskipun belum sepenuhnya selesai, kostum-kostum tersebut berhasil mencuri perhatian banyak mata dengan keindahan dan detailnya.

Penampilan di Lorong Bambu ini merupakan tahapan penilaian sebelum pagelaran utama BEC yang akan digelar pada Sabtu, 13 Juli 2024. BEC sendiri merupakan salah satu acara yang masuk dalam kalender even nasional. Tema tahun ini adalah “The Magic of Ijen Geopark,” diangkat berdasarkan penetapan Ijen Geopark sebagai bagian dari jaringan geopark dunia oleh Dewan Eksekutif UNESCO Global Geopark (UGG) di Paris, Prancis, pada 24 Mei lalu. Tema ini mencerminkan keindahan dan kekayaan alam Geopark Ijen yang diabadikan dalam kostum-kostum peserta.

Kostum-kostum yang diperagakan menggambarkan berbagai aspek dari Geopark Ijen. Pernak-pernik dan warna-warna yang mencolok mencirikan bagian-bagian unik dari geopark tersebut. Sebagai contoh, kostum bertema Kawah Ijen yang dirancang oleh Dandy Putra Anggara menggambarkan atribut kawah dengan pernik-pernik yang melambangkan batu belerang. Warna kuning pada kostum mencerminkan belerang, sementara warna biru mencerminkan fenomena blue fire yang terkenal di Kawah Ijen.

Proses pembuatan kostum-kostum tersebut tidaklah singkat dan memerlukan ketelitian tinggi. Dandy Putra Anggara, salah satu perancang kostum BEC, menghabiskan lebih dari sebulan untuk menyelesaikan kostum bertema Kawah Ijen. Tantangan terbesar adalah memadukan warna-warna mencolok dan membuat kostum seringan mungkin meskipun bentuknya relatif besar dan berumbai. Hal ini penting agar para peserta dapat tampil dengan leluasa dan menonjolkan keindahan kostum mereka.

Baca Juga :  Wamenag: Peran Perempuan dalam Islam Beda dengan Women Liberation Barat

Penampilan di Lorong Bambu Gesibu Blambangan ini menandai persiapan akhir sebelum pagelaran utama BEC. Dengan kostum yang hampir rampung dan penampilan yang memukau, para peserta siap memeriahkan BEC 2024. Ajang ini tidak hanya menjadi wadah untuk menampilkan kreativitas, tetapi juga memperkenalkan keindahan Geopark Ijen kepada dunia.

@shintadewip

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jokowi Tindak Tegas, Pecat Anggota KPU Terlibat Kasus Asusila

Rab Jul 10 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian Hasyim Asy’ari dari jabatannya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU). Langkah ini diambil setelah Hasyim Asy’ari dinyatakan terlibat dalam kasus asusila dan menerima sanksi pemecatan dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Keputusan Presiden yang […]