Polemik PTM dan PJJ, Kepala Daerah Harus Fast Response

Editor :
Penggiat Pendidikan Jawa Barat, Asep B. Kurnia, atau lebih akrab dipanggil Aa Maung./visi.news/istimewa

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Masih belum adanya keputusan mengenai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di semester genap 2020-2021, disikapi Penggiat Pendidikan Jawa Barat, Asep B. Kurnia.

Menurut Aa Maung, sapaan akrabnya, pihaknya akan terus memberikan masukan dan meminta Kepala Daerah untuk dapat memutuskan secepatnya terkait PTM dan PJJ dalam bentuk dokumen resmi tertulis.

“Hal ini jangan sampai menjadi polemik berkepanjangan, terutama yang terus bergulir di pihak sekolah dan masyarakat, dikarenakan secara legal sekolah hanya baru mengacu dari SKB 4 Menteri dan arahan dari Disdik Kabupaten dan Kota wilayahnya masing-masing,” jelas Aa Maung kepada VISI.NEWS, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/1/2021) siang.

Tambah Aa Maung, hal tersebut merupakan bentuk persiapan. Akan tetapi, jangan sampai lupa bahwa Kalender Pendidikan harus terus berjalan, di mana hampir semua Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2021 mendatang.

“Diperlukan ketegasan dari Kepala Daerah karena saya lihat di sini Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri. Tetap saja, dari semua keputusan yang dihasilkan, mengacu ujungnya dari kebijakan Pemerintah Daerah yang berada di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Kata Aa Maung, tentunya ini akan menjadi hal yang paling dinantikan saat ini, terutama oleh pihak sekolah dan orang tua siswa yang memerlukan kejelasan mengenai bentuk kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada semester genap 2020/2021 ini.

“Saya khawatir dengan makin mepetnya waktu, justru nanti akan mengurangi kesiapan hal lain, terutama pihak sekolah yang sudah barang tentu masih menunggu keputusan Kepala Daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Ia menilai, dalam SKB 4 Menteri ini, sebenarnya keputusan utama berada di tangan Pemerintah Daerah. Jadi, bola panas digulirkan ke daerah masing-masing.

Baca Juga :  SEHAT: Belum Vaksinasi Covid? Hindari Tempat-Tempat Ini

“Yang harus diingat dan digarisbawahi di sini adalah kegiatan pembelajaran akan dilakukan sebentar lagi dengan waktu yang mepet, tetapi harus ada kejelasan bentuk pembelajaran yang akan dilakukan, apakah PTM atau PJJ,” tegasnya. @yus

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

USWAH: Kesabaran Nabi Ayub dalam Menghadapi Ujian Hidup yang Berat (1)

Sel Jan 5 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Allah berfirma yang artinya: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan dengan suatu ketakutan dan kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan: ‘Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya kami akan kembali’.” (QS […]