Presiden Brasil Pecat Panglima Militer Usai Terjadi Pemberontakan di Ibu Kota

Editor Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva berbicara selama pertemuan di Istana Planalto di Brasilia, Brasil, 19 Januari 2023./foto reuters/via dailysabah.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BRASIL – Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva pada hari Sabtu memecat panglima militer negara itu, Jenderal Julio Cesar de Arruda, di tengah kekhawatiran atas ancaman terhadap demokrasi negara itu setelah kerusuhan 8 Januari di ibu kota oleh pendukung mantan pemimpin Jair Bolsonaro.

Pemecatan Arruda yang telah menjadi komandan sejak 28 Desember, dilaporkan sebelumnya pada Sabtu oleh surat kabar Brasil Folha de S. Paulo dan jaringan TV Globonews.

Sebuah sumber mengatakan bahwa penggantinya adalah Jenderal Tomas Miguel Ribeiro Paiva, Panglima Angkatan Darat Tenggara.

Tentara Brasil dan Kementerian Pertahanan tidak segera mengomentari masalah tersebut.

Lula mengatakan minggu ini bahwa dinas intelijen gagal pada 8 Januari, ketika pendukung sayap kanan mantan Presiden Jair Bolsonaro menyerbu gedung-gedung pemerintah di Brasilia.

Sebelumnya, Lula mengatakan dia mencurigai kolusi oleh “orang-orang di angkatan bersenjata” dalam pemberontakan, di mana beberapa ribu pendukung Bolsonaro menyerbu dan menggeledah gedung Kongres, istana presiden, dan Mahkamah Agung.

Arruda telah menghadiri pertemuan dengan Lula pada Jumat, didampingi oleh Panglima Angkatan Laut, Marcos Sampaio Olsen, dan Panglima Angkatan Udara, Marcelo Kanitz Damasceno.

Menteri Pertahanan José Múcio Monteiro mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan bahwa kerusuhan 8 Januari bukanlah topik diskusi utama tetapi menambahkan bahwa setiap keterlibatan personel militer dalam kerusuhan akan dihukum.

Lula baru-baru ini mengatakan bahwa pemerintahnya akan membersihkan loyalis Bolsonaro yang keras dari pasukan keamanan.

Namun, banyak pengunjuk rasa yang melakukan kerusuhan di Brasilia menyerukan kudeta militer untuk mengembalikan kekuasaan Bolsonaro. @fen/reuters/dailysabah.com

Baca Juga :  Pemkot Bandung Sabet BKN Award untuk Kategori Pemerintah Kota Tipe Besar

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kemenangan Beruntun Perdana Dewa United

Sen Jan 23 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS I TANGERANG – Dewa United FC sukses melanjutkan tren positif setelah mengalahkan Persita Tangerang 3-2 pada pekan ke-20 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Indomilk Arena, Minggu (22/1). Ini untuk pertama kalinya Dewa United meraih dua kemenangan beruntun atau back to back setelah di laga sebelumnya membungkam Persikabo […]