PT KAI Minta Maaf karena Perjalanan KA Terganggu Banjir

Editor :
Sebagian ruas jalur rel KA yang terendam banjir sehingga tidak dapat dilintasi KA./visi.news/istimewa

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – PT Kereta Api Indonesia (KAI) minta maaf kepada para pelanggan karena terdapat perjalanan kereta api (KA) pada Minggu (21/2/2021) yang terpaksa dibatalkan akibat banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya, menyusul hujan berkepanjangan dengan intensitas tinggi.

“Kami atas nama manajemen KAI memohon maaf kepada para pelanggan karena perjalanan dan pelayanan terganggu akibat banjir yang menggenangi jalur kereta api lintas Kedunggedeh – Lemahabang, Kab. Bekasi,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, Supriyanto, dalam rilis yang disampaikan ke VISI.NEWS, Minggu (21/2/2021).

Jalur kereta api lintas Kedunggedeh – Lemahabang, tepatnya di kilometer 55+100 sampai dengan kilometer 54+500, menurut Supriyanto, sampai Minggu pagi pukul 09.00 WIB masih terendam banjir.

Bencana banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut, merupakan dampak meningkatnya debit air sungai dari Bendungan Kamojang, Pupukujang, dan Walahar sehingga sementara waktu jalur tersebut tidak dapat dilintasi kereta api.
“Terdapat sejumlah perjalanan KA yang dibatalkan serta beberapa perjalanan dialihkan menggunakan bus, kemudian menggunakan kereta api dari stasiun Cikampek menuju kota tujuan,” jelasnya.

Di antara KA jarak jauh yang terganggu perjalanannya sampai Minggu tengah hari sekitar pukul 12.00 WIB, yakni semua KA yang seharusnya berangkat dari Stasiun Pasar Senen dibatalkan.

KA yang dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gambir, dialihkan ke Stasiun Cikampek. Penumpang KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi dan Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan, diangkut menggunakan bus dari Gambir ke Stasiun Cikampek.

Sedangkan KA Plb 291A Bengawan dari Solo, menurut Supriyanto, kembali ke Purwosari dan akan diberangkatkan kembali menjadi KA Plb 292A Bengawan. Selain itu, KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung dibatalkan.

Baca Juga :  Tujuh Kiat Sukses Bersekolah dengan Pembelajaran Daring

“KA yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya.
Penumpang KA tersebut diberangkatkan menggunakan bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya menggunakan KA. Kepastian keberangkatan KA pada Minggu siang dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, akan diinformasikan secara berkala,” kata Supriyanto lagi.

Dia menambahkan, PT KAI menjanjikan menghubungi para penumpang yang perjalanannya terganggu terdampak bencana banjir. Setiap perkembangan terbaru perjalanan KA akan diinformasikan atau pelanggan disilakan menghubungi Customer Service di Stasiun.

Sementara itu informasi terbaru dari PT KAI Daop 6 Yogyakarta pada pukul 16:00 : seluruh KA dari Gambir dan Pasar Senen serta yang ke Jakarta dari arah timur, khususnya yang melintas wilayah Daop 6 Yogyakarta dibatalkan.
@tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Achmad Jufriyanto Gantikan Fabiano Beltrame di Persib

Ming Feb 21 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Persib Bandung bakal kembali diperkuat bek senior Achmad Jufriyanto. Pemain yang karib disapa Jupe itu akan ditarik dari Bhayangkara FC setelah masa peminjamannya berakhir. Jupe menjadi pilihan Persib untuk menggantikan peran pemain naturalisasi asal Brasil Fabiano Beltrame yang tidak diperpanjang kontraknya. Kabar kembalinya Jupe itu disampaikan langsung oleh Direktur PT […]