PTM Perdana di Kota Solo Disambut Antusias, Rektor UNS pun Beri Kuliah

Editor :
Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, memberikan kuliah kepada mahasiswa fakultas hukum di PTM perdana , Senin (6/8/2021). /visi.news/tok suwarto

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Hari pertama diterapkannya pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Solo, pada Senin (6/9/2021), di beberapa sekolah dan di perguruan tinggi diikuti penuh antusias para siswa maupun guru dan dosen.

Bahkan, di Universitas Sebelas Maret (UNS), Rektor, Prof. Jamal Wiwoho, yang selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tidak sempat mengajar, pada PTM perdana tersebut ikut memberikan kuliah kepada mahasiswa semester satu fakultas hukum (FH).
Prof. Jamal yang tercatat sebagai dosen FH UNS, memberikan materi kuliah hukum dagang selama sekitar satu jam di depan12 orang mahasiswa peserta PTM dan selebihnya mengikuti secara daring.
Seusai memberikan kuliah, rektor UNS menjelaskan kepada wartawan, PTM bagi mahasiswa UNS diberikan setelah. beberapa hari sebelumnya bertemu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming.
“Dibuka PTM sesuai dengan edaran Wali Kota Solo. UNS sudah siap PTM terbatas dengan prinsip bersyarat dan bertahap. Prinsip bersyarat di antaranya, mahasiswa peserta PTM harus sudah mendapatkan vaksinasi minimal satu dosis, berasal dari wilayah Solo Raya, mendapat izin dari orang tua, dan tidak memiliki komorbid atau penyakit bawaan. Sedangkan prinsip bertahap adalah, sementara UNS membatasi peserta perkuliahan hanya 30 persen dari kapasitas ruang saat perkuliahan normal,” katanya.
Menurut Prof. Jamal, pada hari pertama PTM yang mengikuti mahasiswa semester satu. Berikutnya, secara bertahap ke semester lima dan tujuh, termasuk mahasiswa yang menempuh ujian skripsi, disertasi, tesis, dan sebagainya.
“Berikutnya kalau sudah memungkinkan, persentase jumlah peserta PTM bisa naik ke 40 persen dan 50 persen. Semua harus menerapkan tatacara dan disiplin protokol kesehatan,” tandasnya.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, meninjau PTM di beberapa sekolah, Senin (6/8/2021). /visi.news/tok suwarto

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, meninjau 3 sekolah yang sudah mulai menerapkan PTM perdana, yaitu SMP Negeri 1, SMP Negeri 13 dan SMP Negeri 14.
Dalam peninjauan tersebut, Teguh Prakosa, selain mengamati para siswa yang dihantarkan orang tuanya dan saat siswa mengikuti alur protokol kesehatan, dia juga menyempatkan diri masuk beberapa ruang kelas dan memberikan motivasi kepada siswa peserta PTM.
“Sejauh ini, PTM hari pertama semua berjalan lancar tidak ada masalah. Para orang tua, murid, dan guru menjalankan prosedur yang ditetapkan sehingga semua dapat berjalan baik, tidak ada laporan kendala,” ujar Teguh di sela berkeliling ke sekolah-sekolah.
Wakil Wali Kota Solo mengingatkan, agar semua pihak menciptakan kondisi yang sehat dan aman, baik unsur pemerintah, sekolah maupun orang tua.
“Saya melihat, PTM di SMP Negeri 1, 13 dan 14, biarpun hanya beberapa jam tatap muka sudah cukup baik dan tidak ada kendala. Sepanjang ada komitmen yang sama, orang tua menjamin anak sehat dari rumah
dan sekolah menjamin anak pulang sehat semua akan terjaga baik,”
tandasnya.
Selain meninjau jalannya PTM, Wakil Wali Kota Solo juga meninjau persiapan PTM di SD Muhammadiyah 1 Solo.@tok

Baca Juga :  H. Kusnadi: Hadirnya Stasiun Padalarang pada Protek KCJB akan Meningkatkan Konektivitas dan Kenyamanan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Purna Tugas, Mantan Rektor Ini Dirikan Rumah Makan Edukatif

Sel Sep 7 , 2021
Silahkan bagikanmoreVISI.NEWS – Belajar bisa di mana saja. Tak terkecuali saat berwisata kuliner. Inilah konsep yang coba dibawakan “Bale Reren”, rumah makan bernuansa jawa di Kalasan Sleman Yogyakarta yang resmi dibuka pada Sabtu (4/9/2021) lalu. Restoran ini didirikan oleh Prof. Sutrisna Wibawa. Sebelumnya populer di kalangan netizen (pengguna internet) sebagai […]