Ratusan Jemaah Salafiyah di Magetan Gelar Salat Idulfitri Sabtu (23/5)

Ratusan jemaah Salafiyah di Magetan gelar salat Idulfitri./merdeka.com/antara
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS –  Ratusan anggota jemaah Salafiyah di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, merayakan Lebaran dengan menunaikan salat Idulfitri 1441 Hijriah pada hari ini, Sabtu (23/5). Perayaan tersebut lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Mereka berbondong-bondong mendatangi masjid di Pondok Pesantren Sabilil Muttaqin di Kecamatan Takeran, Magetan guna melaksanakan salat tersebut dengan imam K.H. Zuhdi Tafsir. Tidak hanya dari Magetan, para anggota jemaah Salafiyah tersebut juga datang dari Ngawi, Madiun, dan Ponorogo.

“Alhamdulillah kami hari ini sudah melaksanakan salat Id lebih awal dari penetapan pemerintah,” ujar Pengasuh Pesantren Sabilil Muttaqin K.H. Zuhdi Tafsir, Sabtu (23/5).

Dia menjelaskan, jemaah Salafiyah menetapkan Idulfitri 1441 Hijriah pada 23 Mei 2020 berdasarkan metode atau rumus sejak dahulu yang menjadi pedoman pesantren dan tidak menggunakan metode hisab dan rukyat.

Zuhdi menjelaskan, berdasarkan rumus tersebut, penentuan 1 Syawal dilakukan pada malam ke-22 Ramadan. Apabila bulan terlihat cekung, maka puasanya hanya selama 29 hari, sedangkan apabila bulan terlihat cembung maka puasanya selama 30 hari.

“Tahun ini, berdasarkan rumusan tersebut bulan terlihat cekung, sehingga puasa hanya 29 hari. Jadi 1 Syawal jatuh hari ini atau lebih awal dari penetapan pemerintah,” terangnya.

Kendati sudah merayakan Lebaran, pihaknya selalu mengimbau anggota jemaahnya untuk tetap menghormati umat Muslim yang masih menjalankan ibadah puasa.

“Kami imbau masyarakat di sekitar pesantren untuk tidak terlalu berlebihan dalam merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah. Terlebih, saat ini masih dalam situasi wabah Covid-19,” tuturnya seperti dilansir Merdeka.com dari Antara.

Usai menjalankan salat, ratusan anggota jemaah langsung membubarkan diri untuk merayakan Idulfitri di rumah masing-masing. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

H-1 Lebaran, Polri Gerebek Gudang Penimbun 821 Kg Sabu di Banten

Sab Mei 23 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Satgassus Polri menggerebek sebuah gudang yang dipakai penimbunan narkoba jenis sabu di RT 1/RW 3, Kampung Kepandean Got, Desa Taktakan, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten. Penggerebekan melibatkan anggota polisi dari Polres Serang Kota, Polda Banten, dan Mabes Polri. Menurut keterangan seorang tetangga ruko, sebelum Ramadan ada dua […]