RI Terima Sumbangan Asing Rp 1,47 T untuk Tangani Corona

Ilustrasi tes PCR yang dilakukan di Bali./ap/firdia lisnawati.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Kementerian Luar Negeri RI menyatakan Indonesia telah menerima bantuan internasional hampir mencapai US$1 juta atau sekitar Rp1,47 triliun untuk menangani pandemi virus corona (Covid-19).

Pelaksana juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, ratusan juta dolar bantuan itu berasal dari 113 pemerintah dan lembaga internasional.

“Hingga Selasa (26/5), tercatat 113 dukungan internasional yang terdiri dari 11 pemerintah (negara), 12 organisasi internasional dan 90 entitas non-pemerintah dengan total nilai hampir mencapai US$100 juta,” kata Faizasyah dalam jumpa pers virtual Kemlu RI pada Rabu (27/5), seperti dilansir CNN Indonesia.

Faizasyah menuturkan hingga kini sudah hampir US$30 juta dari total bantuan tersebut yang terealisasi.

Berdasarkan data Kemlu RI, sejumlah negara memang telah mengungkapkan bahkan memberikan bantuan berupa logistik dan finansial bagi Indonesia. Negara-negara itu antara lain AS, Singapura, Cina, Vietnam, Korea Selatan, Australia, Uni Eropa, Uni Emirat Arab, Selandia Baru, Swiss, dan Kanada.

Faizasyah menuturkan Kanada telah menyumbangkan bantuan sebesar 850 ribu dolar AS bagi Indonesia yang disalurkan melalui Palang Merah Internasional (ICRC) dan UNICEF.

“Dalam pembicaraan Menlu RI dan Menlu Kanada pada 20 Mei lalu juga disinggung mengenai usulan perjanjian produksi bersama khususnya ventilator antara PT INKA Indonesia dengan pihak Kanada,” kata Faizasyah.

Sebagian besar bantuan internasional tidak diserahkan dalam bentuk uang, melainkan lewat obat-obatan, alat pelindung diri (APD) seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, ventilator, dan sebagainya.

Faizasyah mengatakan Indonesia juga tengah berencana menggelontorkan sejumlah bantuan bagi negara sahabat terkait penanganan Covid-19.

Meski begitu, ia belum mau menjelaskan daftar negara yang akan diberi bantuan oleh pemerintah Indonesia. Dalam kesempatan tersebut ia juga belum mengumumkan berapa nominal bantuan yang akan disalurkan Indonesia ke negara-negara tersebut.

“Dalam konteks Indonesia membantu negara lain, kita sudah melakukan pembahasan pemberian hibah kemanusiaan terkait penangnan Covid-19 bagi beberapa negara sahabat. Saya belum mau menyebutkan negara-negaranya, nanti pada saatnya akan dikomunikasikan secara terbuka,” ujar Faizasyah. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Uu Rukmana: Komunikasi dengan Buruh Penting untuk Jaga Dunia Usaha Kondusif

Jum Mei 29 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Harmonisasi antara pemerintah dengan pekerja harus dijalin dengan baik agar memudahkan proses komunikasi sehingga kalau terjadi permasalahan bisa diantisipasi lebih dini, dan kalau ini bisa dijalankan dengan konsisten iklim usaha akan terpelihara kondusif. Demikian dikemukakan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bandung Uu Rukmana kepada VISI.NEWS, […]