Ridwan Kamil Puji Citarum Bebas Banjir, Warganet Minta Jangan Lupakan Banjir Rancaekek

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memuji keberhasilan penanganan Sungai Citarum yang sebelumnya kerap banjir besar, namun 3 tahun belakangan hal itu jauh berkurang.

Pernyataan Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– itu diunggah melalui medsos IG @ridwankamil yang diberi topik CITARUM HARUM.

Dalam unggahannya Ridwan Kamil menulis, “Sungai raksasa yang 20015 dijuluki terkotor sedunia dan langganan banjir besar, sekarang ini semakin bersih dan jauh berkurang banjirnya sebanyak 80 % dalam 3 tahun terakhir karena gotongroyong kerjasama semua pihak.”

Dilanjutkan Gubernur, “Rencana berikut adalah bantuan dari Jerman dan Bank Dunia sebesar 100 juta dolar untuk sanitasi limbah bagi 9 juta penduduk di kawasan aglomerasi Bandung Raya dengan pusat filterisasinya di Bojongsoang, Kab. Bandung.”

Ditulis juga, “Insyaallah 2025 sesuai target, Sungai Citarum akan menjadi sungai yang bersih dan jauh dari rutinitas banjir. Aamiin,” imbuh Kang Emil dalam unggahannya.

Unggahan tersebut ketika dilihat VISI.NEWS Rabu (16/3) siang telah disukai 35.908 orang dan komentar lebih dari seribu.

Di antara komentar itu ada warganet yang selain berterima kasih dan ucapan selamat juga ada yang minta solusi penyelesaian banjir di kawsan Rancaekek, yang minta dibuatkan jembatan, termasuk Jembatan Citarum di Dayeuhkolot, bahkan ada pula yang berani-beraninya “ngeclok” (minjam uang) yang diperoleh Gubernur dari Jerman.

Akun @stcobar misalnya menulis, “Saya pernah bawa tamu dari Korea Pak, pernah kebanjiran daerah Rancaekek Kahatex. Belasan tahun kemudian dia datang lagi eh kena banjir juga di Rancaekek itu…diketawain ini banjir yg dari dulu tea katanya?? Solusi Pak?”

Sementara akun @riswara_sutra menulis, “aslina asa ges lila teu nimu banjir di dy kolot, kari jembatanna d benerkeun.”

Baca Juga :  Polri Imbau Warga Balik Mudik Lebih Awal agar Terhindar dari Macet

Akun @ramdan_paint menulis, “Manawi jembatan dyh kolot Bade ngawitan iraha pa perbaikanya???”

Soal jembatan ini disinggung pula @bang_feyy, katanya “Pak, upami tiasa mah pangngadamelkeun jembatan penghubung cihampelas ka batujajar sebab jalur tos macet pisan sanaos dikampung ge pak. Jembatan nu enggal tea tos ambruk 2 x mugiya bapak sehat selalu sukses selalu aamiin..”

Sementara akun @denz-nugraha98 blak-balakan ‘ngeclok’ uang, katanya “Pak nga geclok/nambut lah 3 juta anu bantuan ti bank jerman kanggo mayar kredivo+bank emok”. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

SKETSA | W.S.C

Kam Mar 17 , 2022
Silahkan bagikanOleh Syakieb Sungkar MELUKIS itu seperti bertarung dengan diri sendiri, demikian kata Winston Churchill – Perdana Menteri Inggris zaman Perang Dunia II. Churchill suka melukis kalau sedang tidak ngantor di Downing Street. Melukis yang membuatnya kuat menghadapi stress karena tekanan dari lawan-lawan politiknya di Parlemen dan teman-temannya separtai. Churchill […]